Pembangunan Mini Zoo di Loang Baloq akan Diusulkan Tahun Depan

46
Taman Loang Baloq Kota Mataram. (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram akan kembali mengusulkan tiga penambahan fasilitas di Taman Loang Baloq pada 2023 mendatang. Di antara usulan itu, tahun depan Taman Loang Baloq dicanangkan punya mini zoo atau kebun binatang mini yang bisa dibangun.

“Kita coba usulkan di perubahan untuk menganggarkan perencanaan di tiga usulan yang akan kita buat di Kementerian Pariwisata untuk di Loang Baloq,” kata kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi kepada media, Rabu (10/8) di Mataram.

Ia mengatakan, tahun ini melalui APBD Perubahan Dinas Pariwisata Kota Mataram akan mengalokasikan anggaran untuk pembiayaan perencanaan pembangunan tersebut. Dengan perencanaan pada anggaran tahun ini, maka tahun depan program penambahan fasilitas tersebut bisa diusulkan.

Beberapa pembangunan di Taman Loang Baloq yaitu mini zoo, air mancur dan skate park. Alokasi anggaran yang akan dihabiskan untuk tiga pembangunan tersebut tidak terlalu besar yaitu sekitar Rp2-3 miliar.

“Kita sekarang itu punya arena skate park di situ. Memang fasilitasnya masih sedikit dan terbatas, yang kita buat kemarin sudah berstandar internasional. Nah kita minta penambahan,” katanya.

Pembangunan tiga fasilitas tersebut di lokasi yang ada saat ini. Khusus untuk mini zoo akan dipusatkan kan di tempat bermain anak-anak saat ini. Sementara air mancur akan di kolam yang ada saat ini, sehingga keberadaan kolam akan lebih hidup.

“Hewan-hewan yang akan kita taruh itu yang tidak buas, yang jinak. Di situ ada burung, unggas lainnya lah. Saya juga sudah minta pokdarwis untuk menaruh angsa di kolam,” ujarnya.

Sebelumnya, tiga pembangunan di taman Loang Baloq sudah diusulkan secara lisan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Usulan tersebut disambut baik dan diminta segera diusulkan.

Usulan pembangunan di Taman Loang Baloq pada saat kunjungan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno ke penilaian desa wisata beberapa minggu lalu. Penambahan fasilitas ini agar taman Loang Baloq bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang lengkap. (azm)