31.5 C
Mataram
Jumat, 28 Juni 2024
BerandaEkonomiJelang Iduladha, Harga Bahan Pokok di Pasaran Lotim Masih Terkendali

Jelang Iduladha, Harga Bahan Pokok di Pasaran Lotim Masih Terkendali

Lombok Timur (Inside Lombok) – Menjelang Iduladha 1445 Hijriah atau Hari Raya Kurban, harga bahan pokok di pasaran di Lombok Timur (Lotim) masih terpantau aman. Namun ada juga yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan dan masih tergolong dalam kategori aman.

Iduladha terhitung tinggal beberapa hari lagi, di mana Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada Senin 17 Juni 2024. Biasanya menjelang perayaan hari besar keagamaan, harga bahan pokok cenderung mengalami kenaikan. Terlebih ketika waktu perayaan yang semakin dekat, maka harga juga cenderung akan semakin melonjak.

Berdasarkan pantauan Kepala Bidang Bahan Pokok Penting Dinas Perdagangan Lotim, Saiful Wathoni mengatakan sampai saat ini harga bahan pokok masih terpantau aman terkendali, ada juga yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan. “Harga bahan pokok saat ini masih aman, ada beberapa yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan. Kenaikannya antara Rp1-2 ribu,” terangnya, Rabu (12/06/2024).

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan itu disebutkan seperti daging ayam ras, bawang merah dan cabai. Kenaikannya masih dalam kategori aman karena harganya tidak begitu melonjak seperti kenaikan biasanya. “Masih normal dan tersedia cukup. Ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan tapi ada juga yang turun, kenaikannya masih normal,” katanya.

- Advertisement -

Beruntungnya untuk komoditi daging sapi tidak mengalami kenaikan, di mana saat ini harganya berada pada angka Rp110 ribu per kilogramnya. Kendati demikian belum dapat diperkirakan harga daging sapi saat mendekati perayaan Iduladha akan mengalami kenaikan. “Mudahan tidak naik. Kalaupun ada kenaikan kita harapkan masih dalam taraf kewajaran,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer