Jangan Cuma Ikut-ikutan, Yuk Kenali Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Mataram (Inside Lombok) – Coffee shop atau kedai kopi saat ini sudah menjamur di berbagai sudut kota. Minum kopi bahkan menjadi lifestyle bagi kelompok usia muda. Jajan kopi dianggap sebagai sebuah trend kekinian.

Lebih dari sekedar menahan rasa kantuk, kopi ternyata punya manfaat banyak lainnya bagi kesehatan. Tapi perlu diingat, manfaat kesehatan ini hanya akan bekerja apabila mengonsumsi kopi masih dalam jumlah yang sewajarnya dan tidak menggunakan gula atau krim.

Supaya tidak hanya sekedar ikut-ikutan ngopi, yuk ketahui manfaat kopi bagi kesehatan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu proses pembakaran lemak, yaitu dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Tapi manfaat ini akan didapatkan apabila diminum secara rutin dan tentu saja tanpa menggunakan gula.

2. Meningkatkan stamina

Kafein yang terkandung di kopi dapat memecah lemak dan mengubahnya menjadi stamina. Oleh karena itu, minum kopi satu setengah jam sebelum berolahraga sangat disarankan.

3. Meningkatkan daya ingat

Kopi juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan agar otak tetap aktif. Otak yang aktif akan mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Kopi bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Manfaat ini akan terasa oleh orang yang minum kopi sekitar empat gelas per hari. Dan tentu saja tanpa campuran gula.

  1. Baik untuk Jantung

Minum kopi dua gelas kecil per hari dapat menurunkan risiko terjadinya gagal jantung hingga 10%. Tapi jika berlebihan, maka akan terjadi sebaliknya. Dalam sebuah penelitian yang dilansir di Tempo, mengonsumsi kopi hingga 6 gelas per hari, akan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22%.