26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaLombok UtaraPemda KLU Siap Bagi-bagikan 34 Hewan Kurban di Iduladha Tahun Ini

Pemda KLU Siap Bagi-bagikan 34 Hewan Kurban di Iduladha Tahun Ini

Lombok Utara (Inside Lombok) – Jelang Iduladha 2024 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyiapkan 34 ekor hewan kurban berupa kambing dan sapi untuk dibagi-bagikan. Nantinya hewan kurban tersebut akan disalurkan ke masing-masing kecamatan yang ada di KLU.

Kabag Kesra KLU, Alwi Agusto menyebutkan sampai sekarang yang sudah terkumpul dan sudah diserahkan ke masyarakat itu sapi ada tujuh ekor, kemudian kambing ada 27 ekor. Diharapkan jumlah tersebut akan terus bertambah. Pasalnya, jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban tahun ini sedikit menurun.

“Masih banyak kita yang belum tercover karena jumlah proposal ini ada 35 dan baru 27. Memang sedikit menurun, tapi saya yakin akan lebih dari itu karena masih ada beberapa hari kedepan,” ujar Alwi Agusto, Jumat (14/6).

Pada tahun lalu jumlah sapi ada 12 ekor, sedangkan tahun ini diperkirakan maksimal ada 9. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah karena masih ada waktu sampai hari minggu. Begitu juga dengan kambing bisa aja ada penambahan jumlahnya. “Kalau sapi itu dari beberapa opd-opd ya, itu langsung diskusikan sama bapak bupati agar didistribusikan langsung ke masing-masing kecamatan,” tuturnya.

- Advertisement -

Sementara itu, pihaknya memastikan bahwa hewan ternak yang akan dimanfaatkan pada perayaan Idul adha mendatang memenuhi aspek. Hewan kurban itu pun sudah diberikan juga ke masing-masing kecamatan untuk disembelih. Karena secara teknisnya pemda tidak punya lahan dan tidak punya tenaga untuk menjaga. Bahkan OPD-OPD yang ada langsung diarahkan ke titik yang sudah direkomendasikan. “Seperti PU saya arahkan ke Bayan, kemudian Dikbudpora saya arahkan ke Gondang, Bapenda ke kayangan, bank NTB Syariah masjid besar Tanjung,” terangnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer