30.5 C
Mataram
Sabtu, 12 Oktober 2024
BerandaPariwisataMandalika Travel Mart Kembali Digelar, Astindo Targetkan Perputaran Uang Wistawan Rp30 Miliar

Mandalika Travel Mart Kembali Digelar, Astindo Targetkan Perputaran Uang Wistawan Rp30 Miliar

Mataram (Inside Lombok) – Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB menargetkan perputaran uang wisatawan mencapai Rp30 miliar selama gelaran Mandalika Travel Mart 2024. Harapannya, uang wisatawan juga mengalir dari penjualan paket-paket wisata Lombok-Sumbawa. Gelaran kegiatan ini sebagai salah satu langkah meningkatkan demand pariwisata NTB.

Ketua Astindo Provinsi NTB, Sahlan M Saleh menyebutkan bahwa gelaran Mandalika Travel Mart ke-3 ini akan digelar pada 21-23 Oktober 2024 di sirkuit Mandalika. Diikuti oleh 100 buyer dari berbagai negara di Asia, terdiri dari Singapura, Malaysia, Thailand. Dan ada empat buyer dari negara – negara Eropa. “Targetnya 100 buyer atau perusahaan pembeli paket pariwisata dan 50 seller (penyedia paket) yang ikut. Seratus buyer sudah conform hadir,” ujarnya.

Mandalika Travel Mart 2024 ini, lanjut Sahlan, fokusnya untuk mengembangkan pariwisata di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jika sebelumnya difokuskan mendukung pengembangan pariwisata Senggigi Lombok Barat dan Mataram.

“Targetnya tahun ini, dari 100 buyer yang berpartisipasi akan membeli paket-paket pariwisata yang ditawarkan para seller lokal hingga senilai Rp30 miliar. Tahun lalu Rp17 miliar, mudah-mudahan tahun bisa lebih banyak,” imbuhnya. Selain itu, pada kegiatan ini pihaknya juga memberi kesempatan kepada pengelola desa-desa wisata untuk berjualan paket wisata.

- Advertisement -

Ditambahkan, Ketua Panitia Mandalika Travel Mart 2024, Muhlis Mahardika mengatakan, kegiatan Mandalika Travel Mart 2024 akan dilaksanakan di area paddock Sirkuit Mandalika. Sekaligus ajang ini untuk mengenalkan dan mempromosikan sirkuit kebanggaan Indonesia ini kepada para pemilik modal dari berbagai negara.

“Selama tiga hari di NTB, buyer-buyer ini juga akan diajak ke Pulau Sumbawa untuk mengenalkan destinasi wisata di sana, ada pulau Moyo, dan ada Teluk Saleh untuk dikenalkan wisata hiu,” katanya.

Para buyer juga akan diajak mengunjungi desa wisata Sade, Lombok Tengah. Mengenakan sapu` atau ikat kepala khas Lombok. Lalu akan diajak makan dengan cara begibung (makan bersama). Mandalika Travel Mart 2024 tidak saja fokus pada jual beli paket-paket wisata. Tapi ini jadi kesempatan untuk mengenalkan adat istiadat dan budaya Lombok dan Sumbawa.

“Harapannya kegiatan ini akan terjual paket-paket pariwisata Lombok-Sumbawa sesuai target kami. Sehingga, nanti tahun depan hasil penjualan paket akan mendatangkan lebih banyak wisatawan,” imbuhnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer