27.5 C
Mataram
Kamis, 30 Mei 2024
BerandaPariwisataPromosi Produk UMKM Melalui Pelayanan Hotel Dinilai Efektif

Promosi Produk UMKM Melalui Pelayanan Hotel Dinilai Efektif

Lombok Barat (Inside Lombok) – Upaya hotel di Lombok Barat (Lobar) untuk bekerja sama dengan para pelaku UMKM lokal dinilai cukup efektif membantu promosi dan pemasaran produk mereka. Hal ini salah satunya telah diterapkan di Aruna Senggigi.

General Manager Aruna Senggigi, Weni Kristanti menjelaskan penyediaan produk UMKM gratis bagi para tamu hotel itu murni upaya kerja sama jual-beli yang dilakukan pihak hotel dengan pelaku UMKM lokal.

“Kami berikan sebagai benefit untuk tamu, agar bisa mengenalkan produk-produk tersebut kepada tamu, dan tamu bisa langsung mencoba,” terang Weni.

Diakui, produk UMKM lokal juga dijadikan sebagai seragam karyawan hingga pelengkap sarana meeting dan suvenir. “Tidak hanya snack, kami juga menggunakan produk UMKM dari bank sampah untuk sandal di kamar Suite & President Suite,” bebernya.

- Advertisement -

Kolaborasi yang dilakukan pihaknya bersama UMKM itu juga berawal dari upaya untuk pemenuhan kebutuhan hotel sendiri. “Misal snack, maka kami melakukan survei ke beberapa UMKM. Dari beberapa UMKM yang terpilih memberikan sample produk. Dari sampel itu dicek kualitas baik rasa, kemasan, dan yang lainnya,” jelasnya.

Sebelum memilih UMKM dan produknya yang akan mereka sajikan kepada para tamu hotel, lanjut Weni, pihaknya terlebih dahulu mengecek kualitas produk UMKM guna memastikan kualitas produk mereka sesuai dengan standar Aruna Senggigi.

Upaya itu pun mendapat apresiasi dari Eni Sumiarsih, salah seorang pemateri dalam pelatihan sosialisasi sadar wisata 5.O yang digelar Kemenparekraf RI di Pantai Buaya Putih, Desa Meninting, Batulayar. Ia mengaku kagum mendapati di setiap kamar di Aruna Senggigi telah disediakan makanan ringan dari produk UMKM lokal secara gratis untuk tamu.

Hal ini disebutnya menjadi bukti industri perhotelan seperti Aruna Senggigi tidak hanya berpikir bagaimana membantu memasarkan produk UMKM, melainkan telah berhasil melakukannya. Sehingga wisatawan yang menginap di sana menjadi tahu dan bisa menikmati produk UMKM lokal tersebut.

“Jadi tidak hanya something to think, tapi juga something to do, sehingga bisa menjadi something to buy dan something to learn,” terangnya, Rabu (07/06/2023).

Apa yang telah dilakukan Aruna Senggigi disebutnya bisa dijadikan pelajaran yang bisa ditiru oleh hotel-hotel lainnya. Terutama sebagai wujud kolaborasi dan saling mendukung dengan UMKM. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer