Pemda Lotim Jalin Kerjasama dengan Unram untuk Program S2 Bagi Guru

Sekda Lotim, M Juini Taofik saat diwawancara di sela-sela kegiatannya, di Selong, Kamis (10/09/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guru, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, buka kerjasama dengan Unram dalam program Pasca Sarjana Universitas Mataram (Unram).

Sekretaris Daerah Lotim, M Juaini Taofik mengatakan, kerja sama tersebut merupakan pembukaan kelas pendidikan formal program magister, khususnya untuk pendidik dan tenaga kependidikan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

“Kerjasama Unram dan Pemkab Lotim tersebut untuk mengakomodir Strata 2 (S2) bagi guru di Lotim,”ucapnya.

Kerjasama Pemda Lotim dengan Unram tersebut guna memudahkan para guru untuk mengajar sambil mengenyam pendidikan dengan memperbanyak pembelajaran daring dibandingkan luring.

Sementara, untuk biaya pendidikan S2 bagi para guru tersebut rencananya diambil dari tiga sumber yaitu dana bantuan dari Pemda, biaya sertifikasi dan dana pribadi dari guru yang akan menempuh pendidikan S2.

“Kita belum tahu berapa persen dana yang akan disiapkan dari Pemda dan guru yang mendapat program pasca sarjana ini, nanti akan kami cermati dulu berapa porsi kebutuhan atau biaya dari Unram,” ungkapnya.

Pendaftaran kerjasama program pasca sarjana tersebut akan dibuka pada pada Bulan Oktober mendatang. Dengan batasan jumlah kuota yang diberikan oleh pihak Unram. Semua guru bisa mendaftarkan diri, akan tetapi akan diseleksi dulu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim.

“Kita akan buka pendaftaran pada Oktober mendatang, dengan harapan jumlah yang diberikan oleh Unram lebih banyak dari kabupaten lain,” ucapnya.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dunia pendidikan, diharapkan dapat berdampak pula untuk kemajuan pendidikan di Lotim. Sehingga kualitas pendidikan yang ada di Lotim bisa semakin membaik.

“Alhamdulillah program kerjasama dengan Unram tersebut sudah kita tandatangani,” tutupnya