Siap-siap, Yunan University Tawarkan Beasiswa Untuk Mahasiswa NTB

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, bersama Dekan Fakultas Pendidikan Yunan University sesuai pertemuan membahas tawaran beasiswa bagi Mahasiswa NTB, Jumat (05/04/2019) (Inside Lombok/Humas NTB)

Mataram (Inside Lombok) – Salah satu Universitas paling besar dan terkenal di Cina, Yunan University, menawarkan beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan dan biaya perumahan bagi putra-putri Nusa Tenggara Barat (NTB) yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister (S2).

Hal tersebut disampaikan oleh Dean School of Education (Dekan Fakultas Pendidikan, Red) Yunan University, Li Wei, saat menemui Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (Bang Zul) di Ruang Kerja Gubernur, Jumat (05/04/2019).

Li yang saat itu didampingi rombongannya juga menyampaikan bahwa Yunan University siap membuka sejumlah program khusus untuk menampung mahasiswa NTB yang akan belajar di kampus tersebut.

Beberapa program yang telah disiapkan untuk Mahasiswa NTB sendiri diantaranya program International Economics, Software Engineering, Material Science and Technology, Digital Media Technology, Biotechnology, Urban and Rural Planning.

Komponen biaya yang akan ditanggung oleh pihak Yunan University sendiri dijelaskan oleh Li meliputi biaya pendidikan serta biaya perumahan. Sedangkan untuk biaya hidup akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

“Kalau bisa tahun ini akan dibuka pendaftarannya,” ujar Li dalam pertemuan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Bang Zul menerangkan bahwa dirinya menyambut gembira tawaran tersebut. Mengingat salah satu misi baru Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB saat ini adalah NTB Sehat dan Cerdas, yang direalisasikan dengan terus berusaha memberikan pendidikan setinggi-tingginya bagi seluruh masyarakat di NTB.

“Excellent (sempurna, Red). Program kami saat ini adalah mengirim seribu Mahasiswa ke luar negeri,” ujar Bang Zul kepada Li beserta rombongannya dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, untuk memproses tawaran dari Yunan University tersebut Bang Zul telah meminta satu tim khusus untuk mendetailkan program beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan di NTB. Termasuk menentukan waktu pelaksanaan serta syarat-syarat yang dibutuhkan.

“Semakin cepat maka akan semakin baik,” ujar Bang Zul.