Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Akhir Januari

357

Mataram (Inside Lombok) – Mataram dilanda hujan lebat dan angin kencang pada Selasa (22/01/2019). 14 pohon tumbang di sekitar Kecamatan Ampenan dan Mataram.

Terkait pohon tumbang itu, H. Kemal Islam selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Mataram menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya sudah rutin memeriksa kondisi pohon di Mataram.

“Kalau kita kan rutin itu memeriksa pohon-pohon yang ada. Tapi kalau kondisi kayak kemarin, saya pikir itu susah dihindari,” ujarnya, Rabu (23/01/2019).

Ia pun menyampaikan bahwa tindakan siaga pohon tumbang ini mengerahkan lebih kurang 150 petugas. Mereka adalah gabungan petugas dari Pemerintah Kota Mataram. Antara lain, dari Dinas Pertamanan sebanyak 30 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebanyak 60 orang, Dinas Sosial sebanyak 20 orang, dan Pol PP sebanyak 30 orang—yang terbagi menjadi tiga regu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), secara khusus, melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) di Jakarta tengah memonitor adanya tiga bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia. Salah satu bibit siklon yang saat ini berada di Laut Timor ( 94S) berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam tiga hari kedepan dan mengakibatkan potensi cuaca ekstrem berupa angin kencang yang dapat mencapai diatas 25 knot terjadi di beberapa wilayah di Indonesia

Beberapa wilayah itu diantaranya Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Melanjutkan dari imbauan yang telah dikeluarkan sebelumnya pada tanggal 16 Januari 2019, BMKG kembali mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga dalam menghadapi periode puncak musim hujan 2019. Khususnya dampak dari curah hujan tinggi yang akan memicu Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang dan angin kencang yang meningkat pada akhir Januari 2019.

Wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 23-26 Januari 2019, antara lain Aceh, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan Wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 27-30 Januari 2019, antara lain Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Tidak hanya hujan lebat, masyarakat nelayan dan pesisir juga perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan terjadi beberapa perairan. Termasuk di Selat Lombok dan Selat Alas.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan terjadi pada akhir Januari 2019 ini. Antara lain potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Masyarakat diminta agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.