26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaPolitikKetua Bawaslu Lobar Ingatkan Caleg Jangan Gegabah Klaim Kemenangan

Ketua Bawaslu Lobar Ingatkan Caleg Jangan Gegabah Klaim Kemenangan

Lombok Barat (Inside Lombok) – Ketua Bawaslu Lobar, Rizal Umami peringatkan para calon legislatif (caleg) agar tak sembarangan memposting ucapan yang mengklaim kemenangan dan yang lainnya. Pasalnya, hal itu berpotensi menyulut gesekan antar para caleg dan tim sukses jika ada yang merasa keberatan.

“Saya sayangkan betul kalau kemudian ada caleg atau orang-orang tertentu yang kemudian mengklaim dirinya menang, dan memposting itu di sosial media,” ketus Rizal saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (20/02/2024).

Hal tersebut dinilai justru rentan menimbulkan gesekan yang membuat pihak lain terprovokasi dan ricuh. Menurutnya, pleno yang saat ini sedang berjalan harus dihormati sebagai bagian dari tahapan-tahapan yang harus dilalui. “Itu sebenarnya tidak boleh hal seperti itu (mengklaim kemenangan, Red),” tegasnya.

Hal ini disebutnya perlu diperhatikan oleh para caleg maupun tim suksesnya. Untuk mengantisipasi potensi konflik yang saat ini rawan terjadi. Terlebih setelah adanya keributan yang terjadi dalam proses rekapitulasi dan pleno di Kecamatan Lembar beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

Ditegaskan, yang berhak mengumumkan hasil akhir pemilu nantinya adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), bukan personal caleg atau tim sukses tertentu. “(Pengumumannya) bukan berdasarkan data pribadi. Walaupun punya data pribadi, tapi kan itu harus disahkan melalui pleno,” jelas Rizal. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer