Pilkades Serentak 2020, TPS di Loteng Bertambah Menjadi 292

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah, Baiq Murniati, Kamis (25/6/2020). (Inside Lombok/Ida Rosanti).

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 Kabupaten Lombok Tengah bertambah sebanyak 128 TPS. Sehingga total jumlah TPS yang ada sebanyak 292 TPS dari jumlah sebelumnya yakni 164 TPS.

“Tambahan 128 TPS. Jadi totalnya 292 dari awalnya 164 TPS”, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah, Baiq Murniati, Kamis (25/6/2020) di Praya.

Penambahan jumlah TPS tersebut terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19. Di mana, jumlah maksimal pemilih per TPS sebanyak 300 orang.

“Tapi angka itu tidak bisa dipatok karena sebaran penduduk di setiap desa berbeda. Ini berasal dari usulan panitia yang dilihat dari sebaran wilayahnya”, imbuh Murniati.

Konsekwensi dari penambahan jumlah TPS tersebut adalah bertambahnya anggaran Pilkades. Pihaknya mengusulkan anggaran tambahan sebesar Rp370 juta di APBD Perubahan 2020 untuk biaya 128 TPS tambahan tersebut.

Anggaran itu juga untuk menyiapkan sarana pencegahan Covid-19 seperti hand sanitizer dan tempat cuci tangan di lokasi TPS.

“Konsekwensinya akan ada penambahan anggaran. Itu yang saat ini sedang ditunggu untuk penambahan anggaran di APBDP”,ujarnya.

Pihaknya berencana hanya akan melengkapi hand sanitizer dan tempat cuci tangan di TPS. Adapun alat pendeteksi suhu tubuh atau termogan tidak bisa disiapkan karena keterbatasan fiskal daerah.

Sementara itu, Pilkades serentak 2020 di Lombok Tengah direncanakan akan digelar pada akhir Juli- Agustus 2020. Terdapat 16 desa yang akan menggelar Pilkades, diantaranya adalah desa Beraim dan Desa Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah.

Kemudian Desa Jelantik Kecamatan Jonggat, Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata dan Desa Montong Sapah Kecamatan Praya Barat Daya.

Selanjutnya Desa Mangkung, Desa Bonder dan Desa Banyu Urip Kecamatan Praya Barat. Desa Mertak, Desa Pengengat dan Desa Gapura Kecamatan Pujut.

Lalu Desa Beleka dan Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur. Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Desa Darmaji Kecamatan Kopang dan Desa Pendem Kecamatan Janapria.