Sempat Ditunda, Pilkades Serentak Loteng Digelar Juli

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Lombok Tengah dipastikan digelar pada bulan Juli-Agustus.

Kepastian itu disampaikan Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT, Minggu (21/6/2020) di Praya. Dia menerangkan, Pilkades tahun ini dijadwalkan ulang setelah sempat tertunda pada bulan April 2020 lalu akibat pandemi Covid-19.

Adapun desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 16 desa.

“Juli-Agustus 16 desa akan gelar Pilkades. Tahun ini harus dilaksanakan Pilkades. Tidak boleh lewat lagi. Wajib dilaksanakan”,katanya.

Dia menerangkan, saat ini Pemkab Lombok Tengah sedang mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkades serentak 2020.

Hal itu karena dilakukan penyesuaian aturan mengingat Pilkades akan digelar di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang disesuaikan adalah penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menghindari kerumunan massa.

“Sekarang maksimal 250 orang pemilih per TPS. Sehingga harus ditambah TPS”,ujarnya.

Konsekwensi dari penambahan jumlah TPS ini adalah pertambangan petugas di TPS. Sehingga Pemda harus menambah porsi anggaran untuk pelaksanaan Pilkades tahun ini.

“Anggarannya tambah. Resiko. Daripada menumpuk. Sehingga saya minta agar diatur lagi”,kata Bupati dua periode ini.

Penambahan anggaran Pilkades ini akan dikaitkan dengan penanggulangan Covid-19. Adapun tahapan Pilkades saat ini sudah mulai berjalan.

Akan tetapi, dia menekankan agar bakal calon kepala desa tidak mengundang massa untuk berkampanye untuk mencegah terpapar Covid-19.

“Kampanye dor to dor. Jangan lupa bawa gula untuk ngopi”,selorohnya.

Sementara itu, 16 desa yang akan menggelar Pilkades 2020, diantaranya adalah desa Beraim dan Desa Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah.

Kemudian Desa Jelantik Kecamatan Jonggat, Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata dan Desa Montong Sapah Kecamatan Praya Barat Daya.

Selanjutnya Desa Mangkung, Desa Bonder dan Desa Banyu Urip Kecamatan Praya Barat. Desa Mertak, Desa Pengengat dan Desa Gapura Kecamatan Pujut.

Lalu Desa Beleka dan Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur. Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara, Desa Darmaji Kecamatan Kopang dan Desa Pendem Kecamatan Janapria.