BMKG Beri Peringatan Cuaca di Sejumlah Provinsi

166
Dokumentasi - Sejumlah warga berusaha membuat batas agar api yang membakar lahan tidak meluas di Desa Kayu Bawang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (11/10/2019). Inside Lombok/ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.

Jakarta (Inside Lombok) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan kemungkinan hujan lebat, angin kencang, hujan badai, dan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi.

Berdasarkan peta peringatan yang dikeluarkan Sabtu (5/9) pukul 23.00 WIB yang dikutip dari portal resmi BMKG di Jakarta, Minggu, kemungkinan hujan lebat terdapat di Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua.

Kemungkinan angin kencang terdapat di Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kemungkinan hujan badai terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan kebakaran hutan dan lahan. (Ant)