Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H. Lalu Gita Ariadi meresmikan brand baru pariwisata NTB yakni Pariwisata “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences”.
Peresmian dilakukan saat malam puncak penghargaan pemenang photography and videography contest tingkat nasional, Jum’at (9/7/2021). Branding ini diinisiasi oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB.
“Sebagai salah satu tugas pokok BPPD NTB, rebranding ini dirasa perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan citra (image) pariwisata NTB,”kata Ketua BPPD NTB, Ari Garmono.
Brand baru pariwisata NTB dengan menyatukan dua destinasi (Lombok-Sumbawa) merupakan upaya untuk
meningkatkan citra tidak hanya pariwisata Lombok juga pariwisata Sumbawa sebagai salah satu tujuan roadmap
promosi BPPD NTB periode 2021 – 2024.
Dalam upaya re-branding ini telah dilakukan kajian oleh BPPD NTB secara
teoritis dan konsultasi kepada tim ahli baik di dalam dan luar negeri serta stakeholder pariwisata termasuk Dinas Pariwisata NTB. Kajian brand ini dilihat dari keunggulan / value propositions pariwisata NTB serta keunikan baik dari segi alam, budaya dan buatan.
Brand Infinite Experiences yang dikaji oleh tim akademisi kami memiliki makna bahwa Lombok-Sumbawa memiliki
keunggulan yang secara alam, budaya dan buatan yang tidak terbatas serta dapat bersaing tidak hanya ditingkat nasional bahkan di level internasional.
“Salah satunya, Mandalika sebagai DPSP (Destinasi
Pariwisata Super Prioritas) Indonesia memiliki sirkuit dengan konsep “street circuit” pertama yang berada di
sepanjang pantai dalam sejarah MotoGP dan ini merupakan keunggulan luar biasa dengan menggabungkan antara keunggulan atraksi buatan dan alam NTB.
Selain itu, NTB memiliki 280 pulau, 99 Desa wisata sebagai destinasi penyangga untuk upaya “leveraging economy” masyarakat lokal, dua gunung (Rinjani dan Tambora) yang sudah
dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia, keanekaragaman fauna dan flora yang eksotis, dan keunikan
budaya dari tiga suku asli dalam satu provinsi (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang memberikan pengalaman yang tak
terbatas atau infinite experiences.
Sehingga kedepannya, brand baru “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” dapat menarik minat wisatawan untuk
mengeksplor lebih banyak lagi objek wisata dan daya tarik wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang memberikan pengalaman yang tidak ada batasnya mulai dari pariwisata pedesaan hingga pertunjukan sport-tourism internasional.
Melalui brand ini Pariwisata Lombok-Sumbawa optimis kedepannya dapat menjadi “face of Indonesia” di mata dunia.
Sementara acara pengumuman juara national photography and videography contest 2021 dengan tema “Lombok
Sumbawa Emerging Destination” adalah event promosi perdana BPPD NTB yang didanai oleh Bank NTB Syariah.
“Malam puncak ini dinamakan sebagai malam Puncak Karya Lombok-Sumbawa – Karya Kolektif untuk Promosi Lombok-Sumbawa, di mana foto dan video merupakan media promosi visual dan digital yang sangat ampuh untuk
meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Lombok-Sumbawa sekaligus puncak penampilan video launching brand baru pariwisata NTB,”kata Ketua Panitia sekaligus Direktur Eksekutif BPPD NTB, Ungkap Didie Mahendra Kusuma.
Lomba photography diikuti oleh 203 peserta nasional dari sekitar 25 kota se-Indonesia
dengan total 824 foto untuk tiga kategori (culture/ heritage, landscape dan UMKM). Sementara lomba videography dengan
total 54 video dari peserta nasional.