30.5 C
Mataram
Minggu, 22 September 2024
BerandaMataramPembangunan Pusdalops di Mataram akan Dimulai Tahun Ini

Pembangunan Pusdalops di Mataram akan Dimulai Tahun Ini

Mataram (Inside Lombok) – Tahun ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan itu untuk pembangunan gedung Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops), di mana Kota Mataram menjadi salah satu daerah yang diprioritaskan memiliki fasilitas itu.

“Untuk tanggal pastinya (bantuan diberikan, Red), kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noor di Mataram.

Nantinya, gedung Pusdalops itu akan dibangun di samping kantor BPBD Kota Mataram, di atas lahan seluas 17×22 meter atau sekitar 400 meter persegi. “Untuk anggaran pembangunan Pusdalops, kami tidak dapat informasi sebab kita menerima manfaat barang jadi. Kita hanya siapkan lahan,” katanya.

Gedung Pusdalops tersebut kata Mahfuddin akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung. Misalnya seperti media center, command center, ruang pertemuan, serta perangkat komunikasi kebencanaan. “Keberadaan Pusdalops ke depan menjadi penyelenggara sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana,” katanya.

- Advertisement -

Mahfuddin menambahkan pembangunan Pusdalops itu bagian dari program IDRIP (Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project) atau Proyek Prakarsa Ketangguhan Bencana Indonesia tahun 2023. Selain gempa disertai tsunami, bencana lain yang mengancam wilayah Kota Mataram adalah banjir, kebakaran permukiman, konflik sosial, gelombang pantai, dan abrasi. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer