32.5 C
Mataram
Rabu, 23 Oktober 2024
BerandaBerita UtamaWisata Alam Lembah Datu di Loteng, Tawarkan Pesona Sunrise Gunung Rinjani

Wisata Alam Lembah Datu di Loteng, Tawarkan Pesona Sunrise Gunung Rinjani

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Taman wisata Lembah Datu di Dusun Gelogor, Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah (Loteng) menawarkan wisata alam yang sangat indah. Selain itu bisa menjadi pilihan masyarakat untuk kegiatan camping ground dengan pemandangan gunung sekaligus.

Kepala Dusun Gelogor Rohim mengatakan, camping ground masih memiliki alam yang cukup asri. Banyak spot yang bisa dikunjungi termasuk dengan air sungai yang mengalir langsung dari gunung Rinjani.

“Suasana masih asri kemudian ada sungai dan sawah dan ada lembahnya. Kalau pagi sebelah timur disuguhkan dengan sunrise dengan gunung Rinjani, kalau sore sunset dengan gunung Argapura,” katanya Minggu (11/8).

Selain itu, di lokasi yang sama juga banyak terdapat spot menarik yang bisa dikunjungi. Seperti jurang datu, lingkok datu dan pondok datu. Konon menurut cerita pendahulu bahwa lembah datu jadi jalur para datu dan orang sakti datang bertapa dan kegiatan spritual.

- Advertisement -

“Kalau untuk kegiatan spritual itu mereka ke Rinjani, ada juga beberapa tempat orang bertapa ada juga semacam petilasan. Itu lah ada usul lembah datu ini,” terangnya.

Tidak itu saja, pengunjung juga bisa turun ke sungai dengan air yang sangat jernih yang mengalir dari mata air gunung Rinjani.

“Kita juga menawarkan wisata menyusuri sungai, atau “Lampak-lamapak sedin Kokok,” katanya.

Untuk bisa berkemah di Lembah Datu sambung Rohim, pengunjung bisa memesan melalui pengelola di Media sosial. Pengelola juga sudah menyediakan lokasi camping termasuk dengan tenda.

“Bisa reservasi melalui medsos, reguler sama paket satu orang bayar masuk Rp10 parkir Rp3000 ribu. Kalau dengan tenda 150 ini untuk 2 orang tenda, 200 tiga orang,” imbuhnya.(fahri)

- Advertisement -

Berita Populer