23.5 C
Mataram
Jumat, 20 September 2024
BerandaMataramSambut MotoGP, Dispar Gelar Trilogi Festival

Sambut MotoGP, Dispar Gelar Trilogi Festival

Mataram (Inside Lombok) – Sebagai daerah pendukung pelaksanaan event MotoGP, Pemkot Mataram mulai menggelar berbagai kegiatan. Pada event MotoGP tahun 2024 ini, dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, menggelar trilogi festival atau tiga festival.

Kepala Dispar Kota Mataram Cahya Samudra, mengatakan kegiatan trilogi festival sudah mulai digelar pada 13-15 September 2024 lalu. Festival pertama yang digelar yaitu Festival Mutiara digelar selama dua hari, yakni 13-14 September 2024 di bagian depan Taman Sangkareang. “Mataram boleh saja tidak memiliki laut yang menghasilkan mutiara. Tetapi perajin mutiara kami banyak di sini dan hasil kreasinya sudah diakui hingga ke mancanegara,” katanya.

Pada Festival Mutiara ini diikuti sebanyak 48 pedagang dan perajin mutiara di Kota Mataram. Mutiara tidak hanya dipajang di etalase, tapi juga ditampilkan agar dapat dilihat masyarakat luas tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari mancanegara.

Selain itu, kegiatan lain yang digelar sebagai rangkaian trilogy festival ini yaitu Festival Film Sangkareang (FFS) pada tanggal 14 September akhir pekan kemarin di Teras Udayana. FFS malam itu bertemakan pemberian Anugerah Pejanggik dan Anugerah Langko kepada sineas-sineas muda di Pulau Lombok.

- Advertisement -

Anugerah yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas karya-karya mereka membuat film-film bertemakan kearifan lokal. “Anugerah tersebut akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana. Kemudian akan ditampilkan cuplikan-cuplikan film mereka (para pemenang),” katanya.

Ketiga yaitu Festival Mandalika Road to MotoGP 2024. Kegiatan ini khusus menampilkan berbagai hiburan masyarakat dari pagi sampai malam. Mulai dari senam bersama, pagelaran Tari Mandalika, dan hiburan-hiburan dari musisi dan band-band lokal di kota ini. “Kami juga membuka bazar UMKM terutama mutiara dan akan berkoordinasi dengan pihak penyelenggaraan MotoGP untuk membuka stan penjualan tiket MotoGP,” katanya lagi.

Diharapkan, dengan kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan dampak ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Kota Mataram. “Meskipun MotoGP berlangsung di Lombok Tengah, tapi kami menawarkan berbagai wisata hiburan dan belanja, sehingga bisa menarik tamu ke Kota Mataram,” kata.

Diterangkan Cahya, kegiatan itu bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Kota Mataram dan NTB secara umum. “Festival kami gelar dua minggu sebelum MotoGP agar lebih efektif,” kata Cahya. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer