30.5 C
Mataram
Minggu, 6 Oktober 2024
BerandaMataramRibuan Kotak dan Bilik Suara Sudah Ada di Gudang KPU Kota Mataram

Ribuan Kotak dan Bilik Suara Sudah Ada di Gudang KPU Kota Mataram

Mataram (Inside Lombok) – Sebagian logistik pelaksanaan pilkada serentak sudah berada di gudang KPU Kota Mataram. Beberapa logistik yang sudah ada yaitu ribuan kotak dan bilik suara dan saat ini masih dalam tahap penyortiran.

Komisioner KPU Kota Mataram, Muslih Syuaib mengatakan jumlah kotak suara yang sudah diterima yaitu sebanyak 1.174 buah dan bilik suara yaitu 2.324 buah. “Saat ini teman-teman sedang menyortir ya logistik yang diterima. Nanti kalau ada kerusakan dan kekurangan akan segera dilaporkan,” katanya.

Saat ini ungkap Muslih belum diketahui apakah ada kekurangan atau tidak. Jika ada yang rusak maka akan segera dilaporkan. Karena pengadaan semua logistic ini di KPU RI. “Kita belum tahu jumlahnya sudah sesuai dengan yang butuhkan atau apa. Hasil sortirnya baru ketahuan termasuk yang rusak-rusak,” ungkapnya.

Logistik yang belum diterima KPU Kota Mataram yaitu surat suara. Karena pengadaan surat suara ini masih dalam tahap tanda tangan kontrak dengan PPK. “Kalau surat suara ini masih dilakukan tanda tangan dengan PPK kami. Mudahan dalam waktu dekat sudah mulai pencetakan,” tegasnya.

- Advertisement -

“Setelah dikirim kita lakukan sortir dan pelipatan ratusan ribu surat suara itu,” katanya. Tahapan pengiriman ke masing-masing TPS akan dilakukan H-1 sebelum pungut hitung. Karena Kota Mataram tidak seperti daerah lain, pendistribusian bisa langsung dilakukan dalam sehari. “H-1 sebelum pencoblosan kita akan distribusikan,” ungkapnya.

Untuk melakukan sortir ini, KPU Kota Mataram melibatkan warga setempat. Karena jumlah kotak dan bilik suara yang disortir cukup banyak. “Apalagi nanti ini yang surat suara kita libatkan masyarakat untuk sortir,” tutup Muslih. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer