29.8 C
Mataram
Senin, 7 Oktober 2024
BerandaEventSenggigi Sunset Jazz, Event Musik Tahunan yang Selalu Dirindukan

Senggigi Sunset Jazz, Event Musik Tahunan yang Selalu Dirindukan

Lombok Barat (Inside Lombok) – Perhelatan Senggigi Sunset Jazz (SSJ) 2024 ini dianggap jadi yang paling ramai dari tahun-tahun sebelumnya, terutama pasca-pandemi Covid-19. Bahkan, penonton yang hadir pun diklaim mencapai 15 ribu orang, jika dilihat dari jumlah tiket yang laku terjual.

Penonton yang datang tidak hanya dimanjakan dengan perpaduan alunan musik, deburan ombak dan semilir angin di tepi pantai Kerandangan, Desa Senggigi. Mereka juga dimanjakan dengan banyaknya pilihan kuliner nusantara yang juga tersedia di sana. Sembari menunggu musisi kesayangan tampil, para penonton terlihat memadati area festival kuliner.

“Saya lihat antusias masyarakat Lombok ramai banget ya untuk Senggigi Sunset Jazz tahun ini,” kata Dodi, salah seorang penonton yang rela datang dari Banyuwangi, Sabtu (05/10/2024). Diakuinya, tahun ini bukan kali pertama ia datang menonton SSJ. “Hampir tiap tahun saya nonton, tapi yang bener-bener antusias banget tahun ini kalau menurut saya,” bebernya.

Ramainya penonton SSJ tahun ini dinilai karena menghadirkan musisi-musisi yang lagunya sedang tren dan banyak digandrungi anak muda. Dodi sendiri mengaku dirinya sangat menantikan penampilan dari Maliq & D’essentials. “Saya dari Jawa Timur, sengaja ke sini (Senggigi, Red) buat nonton. Apalagi untuk acara-acara jazz,” sambungnya.

- Advertisement -

Penjabat (Pj) Bupati Lobar, Ilham yang terlihat hadir bersama sang istri sejak sore mengaku tak menyangka SSJ 2024 ini akan sangat ramai. Ia pun berkeliling di area festival kuliner yang dipadati oleh para penonton yang berburu kuliner. “Lombok Barat tahun ini dapat menyajikan kembali, hiburan yang insyaallah sangat menghibur untuk masyarakat kita,” ujarnya.

Dia menilai, event ini bisa kembali terlaksana berkat kepercayaan publik yang semakin meningkat. Terlebih, ini merupakan kali keenam SSJ terselenggara di Lobar. “Bisa dilihat sendiri, sesuatu yang memang direncanakan dengan baik, dikoordinir dengan baik. Tentu akan menghasilkan pelaksanaan yang baik pula,” ungkapnya.

Ramainya stan UMKM yang terlibat di SSJ juga turut membuat Ilham kagum. “Menu masakan nusantara ada di sini, tidak kurang dari 60-an, dan kelihatan semuanya ramai,” imbuhnya.

Pemda Lobar pun diakuinya sudah memberikan afirmasi khusus untuk pelibatan UMKM lokal dalam event tersebut. Kendati, tetap akan ada seleksi dari pihak penyelenggara. Pihaknya pun mengupayakan di event SSJ ke depannya jumlah UMKM lokal yang terlibat bisa lebih tinggi. “Di luar seleksi, kami juga minta afirmasi khusus untuk UMKM lokal, tanpa seleksi dari merek (panitia, Red). Tetapi kita di (Pemda) Lobar yang seleksi, jumlahnya ada enam,” pungkasnya.

Sepanjang SSJ 2024, semakin malam suasana kian syahdu, ditambah dengan lirik-lirik romantis dari Maliq & D’essentials dan Yura Yunita yang seolah mampu menghipnotis penonton. Yura pun terlihat tak mampu membendung air mata harunya, saat berdialog dan bernyanyi bersama para penonton. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer