27.5 C
Mataram
Rabu, 24 April 2024
BerandaAdvetorialRSUD NTB Buka Dental Center, Siap Berikan Pelayanan 24 Jam

RSUD NTB Buka Dental Center, Siap Berikan Pelayanan 24 Jam

Mataram (Inside Lombok) – RSUD Provinsi NTB resmi membuka layanan Dental Center untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk pemeriksaan dan perawatan masalah gigi. Pusat pemeriksaan dan pengobatan gigi itu pun direncanakan bisa beroperasi 24 jam, dengan jenis layanan yang cukup lengkap.

Direktur RSUD NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes., MH. menerangkan hadirnya Dental Center sekaligus melengkapi pelayanan di rumah sakit kelas a pendidikan tersebut. “Pelayanan Dental Center ini bisa 24 jam, kita harus mempelopori itu. Sakit biasa masih bisa ditahan, tapi kalau gigi tidak bisa. Saya sebagai Direktur RSUD Provinsi (NTB), bagaimana ekspektasi dari masyarakat kita bisa berikan sepenuhnya,” ujarnya saat peresmian Dental Center di Gedung Fasum lantai 2 RSUD NTB, Jumat (4/8).

Pihaknya pun berharap hadirnya Dental Center di rumah sakit plat merah itu mendukung penanganan masalah gigi terpusat, sehingga tidak ada lagi kasus kesehatan gigi yang perlu dirujuk ke luar daerah.

Tim dokter Dental Center RSUD NTB. (Inside Lombok/Bayu)

“Saya berharap pelayanan gigi (di Dental Center) ini, kasus apapun yang berkaitan dengan gigi bisa ditangani di RSUD NTB,” ujarnya. Dicontohkan, operasi bedah mulut yang telah bisa dilakukan langsung di RSUD NTB karena SDM dan peralatan telah memadai. “Bedah mulut, misalnya kecelakaan yang kena rahang itu butuh bedah mulut. Itu bisa dilakukan langsung di sini,” jelas dr. Jack, sapaan akrabnya.

- Advertisement -

Koordinator Dental Center, Siti Zaidah Zd,drg.Sp.bM. menerangkan kesiapan alat dan SDM di Dental Center RSUD NTB memang memungkinkan untuk operasional 24 jam. “Alat yang sudah dibelikan Pak Direktur semua sudah lengkap, sedang dalam pengiriman. Kalau semua sudah lengkap dan fasilitas sudah ada, segera kita laksanakan yang (operasional) 24 jam,” ujarnya.

Diterangkan, ada lima pelayanan spesialis gigi di Dental Center tersebut. Antara lain spesialis prostodonti, spesialis bedah mulut, spesialis konservasi gigi, spesialis penyakit mulut, dan spesialis orthodonti.

Khusus untuk layanan orthodonti, ada enam layanan khusus. Antara lain konsultasi orthodonti, perawatan gigi menggunakan behel atau kawat gigi cekat/lepas, perawatan orthodonti preventif pada usia anak-anak, perawatan orthodonti interspetif, perwaatan orthodonti kuratif pada pasien dewasa, serta perawatan interdisiplin/multidisiplin dengan bidang spesialis lain. (r)

- Advertisement -

Berita Populer