27.5 C
Mataram
Rabu, 24 April 2024
BerandaBerita Utama18 Desa di Lobar akan Laksanakan Pilkades Tahun Depan

18 Desa di Lobar akan Laksanakan Pilkades Tahun Depan

Lombok Barat (Inside Lombok) – Ada 18 kepala desa (kades) di Lombok Barat (Lobar) yang masa jabatannya akan habis pada Februari 2023 mendatang. Untuk itu persiapan pemilihan kades disiapkan agar bisa terlaksanakan pada April tahun depan.

“Sekitar 18 Kades (yang masa jabatannya berakhir). Jadi ada 18 desa yang akan ikut pilkades tahun depan, sekitar bulan April,” kata Kadis DPMD Lobar, Hery Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (21/11/2022).

18 desa itu di antaranya Desa Buwun Mas, Batu Putih, Tempos, Guntur Macan, Nyurlembang, Kuranji, Sekotong Timur, Sekotong Tengah, Gili Gede, Dasan Geria, Labuan Tereng, Batulayar, Kekait, Jatisela, Meninting, Mekarsari, Ombe Baru dan Bengkel.

Terkait dengan bagaimana persiapan untuk penunjukan PLT Kades selama masa tunggu pilkades nanti, ia menyebut nantinya pihaknya akan menunjuk ASN untuk menjadi PLT.

- Advertisement -

“Nanti kita tunjuk ASN jadi PLT, prioritas ASN dari kecamatan setempat. Atau bisa juga dari ASN dari OPD yang domisili di Desa setempat,” terangnya.

Saat ini, Hery mengaku pihaknya sudah mulai melakukan persiapan. Mulai dari alokasi pendanaan, pembentukan panitia kabupaten, kecamatan hingga Desa. Serta penyiapan logistik, penyiapan regulasi teknis dan menyiapkan sosialisasi.

“Kita juga sedang siapkan hingga bimbingan teknis untuk panitia Pilkades,” tandasnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer