Anggaran Pembangunan Kantor Wali Kota Mataram Meningkat

245
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram Miftahurrahman. (Inside Lombok/ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman mengatakan, anggaran untuk pembangunan kantor Wali Kota Mataram di Jalan Lingkar Selatan, meningkat dari rencana sebelumnya Rp127 miliar menjadi Rp170 miliar.

“Setelah dilakukan ekspose terkait dengan DED (detail engineering desaign) kantor wali kota, kemungkinan anggarannya bertambah menjadi sekitar Rp170 miliar lebih,” katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Jumat.

Menurutnya, penambahan biaya pembangunan kantor wali kota itu karena perlu penyempurnaan dan penambahan sarana, seperti adanya pengaturan interior pada bagian dalam kantor wali kota dan perluasan kantor.

“Tujuannya, agar dapat mengatur dan mengakomodir kebutuhan ruang di sana secara proporsional,” ujarnya.

Di samping itu, lanjutnya, fasilitas penunjang di kantor wali kota juga ditambah. Seperti membangun sebuah mall pelayanan publik sesuai dengan arahan dari Kemenpan RB, fasilitas itu sangat dibutuhkan.

“Tapi itu dari hasil ekspose dan kemungkinan juga bisa turun sebab memerlukan beberapa perbaikan,” katanya.

Miftahurrahman mengatakan, khusus untuk pembangunan mall pelayanan publik akan dibangun tersendiri di kantor wali kota yang konsepnya terintegrasi secara keseluruhan.

Di dalamnya akan menampung banyak pelayanan, misalnya, pelayanan BPJS, pembuatan SIM, pembukaan buku tabungan dari bank-bank yang mau bekerja sama dan lainnya.

Menyinggung tentang sumber anggaran pembangunan, dia mengatakan, untuk pengerjaan di tahun 2020 sudah dianggarkan sekitar Rp60 miliar. Pembangunannya tetap menggunakan opsi pembangunan bertahap atau “multi years”.

Namun demikian, kata dia,  kepastian besaran anggaran yang akan dialokasikan itu menunggu hasil revisi DED yang menentukan, sebab perubahan ini belum menentukan luasan final lahan yang dibutuhkan dari empat hektare lahan yang ada.

“Untuk pembangunannya, tahun 2020 ditargetkan sudah dimulai,  karena itu berbagai persiapan-persiapan administrasi tahun ini kita lakukan,” katanya.

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh sebelumnya mengatakan, pembangunan Kantor Wali Kota Mataram ini masuk dalam salah satu prioritas untuk direalisasikan.

“Pembangunan ini sudah lama kita direncanakan, karen itu tahun 2020 nanti saya ingin rencana itu bisa dimulai,” katanya menambahkan. (Ant)