26.5 C
Mataram
Minggu, 25 Februari 2024
BerandaBerita UtamaAPK Terpasang Sampai ke Atas Pohon Kelapa, PTPS di Lotim Harus Manjat...

APK Terpasang Sampai ke Atas Pohon Kelapa, PTPS di Lotim Harus Manjat untuk Penertiban

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemasangan alat peraga kampanye (APK) di pepohonan masih marak terjadi di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Bakan ada APK yang terpasang di atas pohon kelapa. Hal itu pun menyulitkan para anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang hendak melakukan penertiban APK di masa tenang kampanye.

Nurmayanti, anggota PTPS di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Lotim bahkan sempat viral di media sosial lantaran aksi loyalitas tanpa batasnya dalam melakukan tugas sebagai pengawas yang melakukan penertiban APK pada masa tenang Pemilu 2024.

Saat melakukan penertiban terhadap APK dan melaporkan kegiatannya kepada PKD dan Panwascam, gadis kelahiran tahun 1999 asal Dusun Srijata, Desa Perian itu langsung menjadi buah bibir lantaran aksinya memanjat pohon kelapa untuk menertibkan APK caleg. Padahal ia merupakan seorang perempuan. Hal itu yang membuat Nurmayanti viral di media sosial.

“Jadi kemarin itu kami dapat tugas untuk menertibkan APK yang belum diturunkan oleh masing-masing parpol maupun tim sukses, tapi di sini (Perian) tidak ada yang melakukannya. Sehingga kita diminta untuk patroli mengawasi dan menertibkannya,” katanya, Senin (12/02/2024).

- Advertisement -

Awalnya ia melakukan pengawasan di TPS 23 tempatnya ditugaskan. Namun selurun APK sudah diturunkan oleh warga sekitar. Selanjutnya ia melakukan patroli di pinggir jalan bersama empat orang temannya, dan kemudian ditemukan APK yang masih terpasang di pohon kelapa.

“Saya bersihkan dari jalur rumah bersama empat orang teman saya dan kita semuanya cewek. Kebetulan cuma saya yang bisa manjat, sehingga memutuskan untuk menurunkannya, daripada nanti capek bolak-balik,” ungkapnya.

Nurmayanti mengungkapkan bahwa dirinya memang dari kecil sudah bisa memanjat, sehingga ia memutuskan untuk naik dan meminta temannya untuk memfoto dirinya sebagai laporan ke PKD bahwa benar ia telah melaksanakan tugasnya. “Pada saat itu memang banyak kita dapat APK yang masih terpasang, dan di pohon itu salah satunya. Padahal kan dalam aturan tidak boleh memasang APK di pohon,” terangnya.

Saat ini Nurmayanti sedang sibuk melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024 di masa tenang seperti mengawasi tindakan money politik, kampanye serta mengawasi persiapan KPPS dalam pembuatan TPS. (den)

- Advertisement -

Berita Populer