BKN Siapkan Skenario SKB CPNS 2019 di Tengah Pandemi

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Lombok Tengah, H.M. Nazili, Rabu (3/6/2020). (Inside Lombok/Ida Rosanti).

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Badan Kepegawaian Nasional (BKN) merencanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019
dilaksanakan pada Agustus-September 2020. Hal itu setelah SKB ditunda dari bulan Maret 2020 akibat pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lombok Tengah, H. M. Nazili, Rabu (3/6/2020) di kantornya mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan SKB dari BKN.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, SKB CPNS tahun 2019 akan berbeda dengan pelaksanaan SKB sebelumnya. Karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan sistem yang mungkin beda dengan yang kemarin yang tidak mengumpulkan banyak orang”,katanya.

Menurut dia, SKB CPNS tahun 2019 diperkirakan akan diatur untuk bisa dilaksanakan oleh peserta dari rumah yang berbasis aplikasi.

Meskipun melaksanakan SKB dari rumah, peserta dinilai tidak akan leluasa untuk buka buku maupun melakukan kegiatan mencontek lain, karena akan didampingi oleh pengawas.

Kalaupun tanpa pengawas, mencontek dirasa akan sulit untuk dilakukan karena peserta harus berpacu dengan waktu untuk menjawab soal-soal yang ada.

“Mana sempat buka buku. Waktu hanya sedikit. Jadi rugi waktu”, katanya.

Kemajuan teknologi yang ada saat ini dipastikan bisa membuat pelaksanaan SKB dari rumah berjalan dengan baik. Kalau sistem itu yang ditempuh, artinya SKB bisa menggunakan telepon pintar atau laptop masing-masing peserta.

“Kita dengar akan ada sistem seperti itu. Atau di dalam satu ruang tapi dibatasi pesertanya”,imbuhnya.

Sehingga pemerintah tidak akan terlalu sulit untuk mempersiapkan infrastruktur SKB nanti. Sementara itu, jumlah peserta tes CPNS yang akan mengikuti SKB di Lombok Tengah sebanyak 1.200 orang peserta.