BPBD Mataram Siapkan Posko Terpadu Penanganan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Kamis (19/11/2020) menyiapkan posko terpadu penanganan bencana di Pendopo Wali Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (FOTO Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan posko terpadu penanganan bencana sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem, mengurangi dampak bencana serta menekan kerugian.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Kamis, mengatakan, posko terpadu penanganan bencana sudah disiapkan di halaman Pendopo Wali Kota Mataram.

“Sementara untuk di 50 kelurahan dan 6 kecamatan akan kita siapkan nomor-nomor kontak siaga bencana, guna memudahkan masyarakat menghubungi tim jika ada indikasi bencana. Posko utama tetap di Kantor BPBD Mataram,” katanya.

Menurutnya, posko terpadu penanganan bencana di halaman pendopo, selaam 24 jam disiagakan perwakilan petugas dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait secara bergantian.

Seperti satgas dari Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Tagana serta dari tim reaksi cepat (TRC) BPBD.

“Selain kita menyiagakan personel, kami juga akan menyiakapan peralatan kedaruratan yang dibutuhkan. Peralatan tersebut sekarang sedang kami siapkan,” katanya.

Mahfuddin menyebutkan, beberapa peralatan kedaruratan yang akan disiagakan di posko terpadu penanganan bencana antara lain, senso, kendaraan operasional dan kendaraan pengangkut sampah.

Selain itu, disiapkan juga untuk logistik kedaruratan bagi masyarakat yang terdampak bencana, seperti selimut, bahan pokok dan perlengkapan keluarga lainnya.

“Kita berharap, keberadaan posko terpadu penanganan bencana bisa mencegah bencana lebih besar dan menekan kerugian warga yang terdampak,” demikian Mahfuddin Noor. (Ant)