Cek Fakta: Bingkisan Kuning di TPS Ternyata Konsumsi Saksi Paslon Harum

Bingkisan kuning dengan foto paslon Harum di salah satu TPS di Kota Mataram yang ternyata berisi konsumsi saksi. (Inside Lombok/istimewa dari berbagai sumber)

Mataram (Inside Lombok) – Pagi ini, jagat maya diramaikan dengan foto bingkisan kuning dengan sablon Pasangan Calon (Paslon) nomor 1 Pilkada Kota Mataram tahun 2020. Setelah ditelusuri, ternyata bingkisan tersebut hanya untuk saksi yang diutus oleh pasangan nomor 1 yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Memang benar (bingkisan) itu, tapi itu untuk saksi mereka masing-masing, kekeliruan mereka adalah menggunakan atribut tas (yang bergambar paslon) tersebut,” terang Ketua KPU Kota Mataram, Husni Abidin, Rabu (9/12).

Ia menerangkan bahwa hal tersebut dapat ditoleransi karena bukan merupakan bentuk pelanggaran. Karena bingkisan tersebut tidak diperuntukkan kepada pemilih, melainkan untuk kebutuhan tim saksi paslon.

Foto paket Harum tersebut sebelumnya tersebar di media sosial Facebook yang diupload oleh akun bernama Rozy Copox. Belakangan diketahui bahwa akun atas nama Rozy Copox adalah salah satu simpatisan dari lawan politik pasangan nomor 1 Paket Harum.

Koordinator Cek Fakta Asosiasi Media Siber Indonesia untuk Pilkada Kota Mataram, HM. Hasbi Assiddiqi meminta kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu negatif yang beredar tanpa mengecek kebenaran isu tersebut.

“Melalui cek fakta ini, kami melindungi masyarakat dari isu-isu hoaks,” tegasnya.