Dukung Industrialisasi, ICSB NTB Gelar Lomba Produk Inovatif Wirausaha Muda

 

Pemenang lomba produk inovatif wirausaha berfoto bersama Direktur ICSB NTB. (Inside Lombok/Ist)

Mataram (Inside Lombok) – International Council for Small Business (ICSB) Provinsi NTB kembali menggelar Lomba Produk Inovasi Wirausaha Muda 2021. Mendukung program industrialisasi yang terus digalakkan pemerintah, lomba kali ini menargetkan produk dan karya yang inovatif dari para wirausahawan muda NTB.

Direktur ICSB NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah mengatakan produk inovatif yang dihasilkan sendiri akan membangun sumberdaya wirausaha muda yang berkualitas dan membuka lapangan kerja.

“Tahun lalu, peserta (Lomba Wirausaha Muda) nya 400 pendaftar. Untuk tahun ini 185 orang karena kita ingin mencari produk yang benar benar inovatif,” ujar Bunda Niken di Pendopo Gubernur, Sabtu (27/11).

Direktur ICSB menekankan, program unggulan industrialisasi dan besarnya potensi pengusaha muda yang inovatif menunjukkan inisiatif untuk menghasilkan produk sendiri dan membuka lapangan kerja. Selain itu bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk berkarya dalam gelombang bonus demografi ketika generasi muda yang lahir mendominasi jumlah penduduk Indonesia.

“ICSB dan pemerintah memberikan fasilitas untuk berkarya dan berkontribusi agar produk produk sendiri terus berkembang dan didukung oleh pasar lokal yang besar,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba, Indah Purwanti mengatakan lomba yang digelar akan menambah inovasi bagi wirausaha di NTB. Produk dari 10 besar wirausaha inovatif yang terpilih jarang ditemukan di pasaran.

“Lomba ini akan dibikin dua tahun sekali, bergantian dengan lomba wirausaha muda,” katanya.

Sebelum, 10 besar peserta lomba sudah dipertemukan dengan investor yang akan mendukung keberlanjutan usahanya. Karena nantinya dengan adanya investor yang mendukung usahanya maka akan dibantu penambahan modal usaha yang sedang dijalankan.

“top ten itu bertemu dengan para investor sebanyak lima orang. Ada dari Bank NTB Syariah, Ketua Kadin, Ketua HIPMI, Ketua REI NTB, dan Bunda Niken investor juga,” jelasnya.

Pemenang pertama lomba inovasi tahun ini adalah lallo.id dengan produk aplikasi yang memudahkan rencana perjalanan (travelling) dalam satu aplikasi. Pemenang kedua, Zuna Food dengan produk sambal Banteng Ngangak dengan kemasan inovatif. Sedangkan pemenang ketiga produk sunscreen atau kosmetik pelindung kulit dari sinar matahari yang berbahan ramah lingkungan.

Rahman Ikhwan, pemenang pertama dan pengembang aplikasi lallo.id mengaku senang produknya terpilih sebagai juara. “Alhamdulillah terpilih dan lebih senang lagi karena lomba ini juga mempertemukan pengusaha muda langsung dengan investor yang akan menjadi mitra usaha,” ujarnya. (azm)