30.5 C
Mataram
Senin, 22 April 2024
BerandaBerita UtamaGiong Siu Sudah Dibuka, Sewa Tenda dan Hammock Rp45 Ribu per Hari

Giong Siu Sudah Dibuka, Sewa Tenda dan Hammock Rp45 Ribu per Hari

Mataram (Inside Lombok) – Destinasi Giong Siu di Kelurahan Babakan sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat umum. Pemkot Mataram sudah mulai melengkapi fasilitas di destinasi tersebut seperti tenda dan hammock atau tempat tidur gantung.

Manager Giong Siu, Rio Mahesa Rizky mengatakan fasilitas tenda dan hammock yang ada di destinasi tersebut disewakan. Biaya sewa itu kemudian dimanfaatkan sebagai biaya pemeliharan destinasi wisata tersebut.

“Untuk biaya sewa sendiri itu Rp40 ribu untuk tenda dan Rp5 ribu untuk hammock. Itu untuk pemakaian selama sehari,” katanya.

Setelah fasilitas mulai dilengkapi, destinasi Giong Siu mulai banyak pengunjung untuk camping. “Kalau mau paketan itu Rp175 ribu untuk satu tenda dan hammock, tapi nanti juga ada makanan dan minuman yang kami siapkan,” ujarnya.

- Advertisement -

Diterangkan Rio, masyarakat juga tetap bisa menikmati destinasi Giong Siu dengan fasilitas yang dibawa sendiri. “Kalau bawa tenda dan perlengkapan sendiri, kita tarifnya itu Rp15 ribu. Ini untuk biaya kebersihan dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi mengatakan jumlah bantuan tenda dan hammock yang diberikan yaitu sebanyak 25 unit. Fasilitas ini akan dipasang ketika ada permintaan dari pengunjung. “Ini tidak dipasang setiap hari tapi itu disewakan kepada wisatawan,” katanya.

Untuk pembangunan toilet dan fasilitas umum lainnya, Denny mengatakan belum bisa dilakukan. Karena pembangunan tersebut dianggarkan pada triwulan kedua tahun 2023 ini. “Itu nanti sekitar bulan Mei,” katanya.

Tahun ini jumlah alokasi anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota Mataram untuk penataan di destinasi wisata Giong Siu yaitu sekitar Rp200 juta. “Itu nanti ada untuk toilet, pedestrian ada item-itemnya,” papar Denny.

Menurutnya, penataan Giong Siu tidak semata-mata untuk bisa mendapatkan penghargaan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar oleh Kementerian Pariwisata. Anggaran yang dialokasikan agar bisa menambah tempat rekreasi bagi masyarakat di Kota Mataram.

“Kita fokus untuk perbaikan saja. Menambah fasilitas. Kalau memang nanti ada bonusnya dari pengadaanya ya yaitu bonus dan bukan tujuan kita,” tegasnya.

Tahun ini, destinasi Giong Siu akan diusulkan pada ajang tahun yang digelar oleh pemerintah pusat tersebut. Seperti tahun lalu, Pemerintah Kota Mataram mengusulkan Destinasi Wisata Loang Baloq dan berhasil menjadi juara pertama pada kategori suvenir. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer