Kapal Kandas di Gili Kondo, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Proses penyelamatan yang dilakukan tim gabungan terhadap penumpang KMP Permata Lestari II yang karam, Selasa (5/10). (Inside Lombok/Ist).

Lombok Timur (Inside Lombok) -Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II kandas di sekitar Gili Kondo. Peristiwa tersebut terjadi lantaran kapal terseret arus ombak saat berlayar dari Pelabuhan Poto Tano ke Pelabuhan Kayangan, Senin (4/10) dini hari.

SAR Mataram menerima laporan kapal kandas tersebut sekitar pukul 23.30 Wita. Tidak lama personel langsung diturunkan ke lokasi kejadian.

“Sekitar 10 menit setelah kejadian, kita langsung kerahkan personel Pos SAR Kayangan dan bekerjasama dengan TNI, Polri, serta unsur lainnya untuk melakukan evakuasi,” ucap Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit saat memberi keterangan, Selasa (05/10).

Sekitar pukul 09.58 Wita, para penumpang KMP Permata Lestari II berhasil dievakusi oleh tim penyelamatan dengan cara dipindahkan menuju kapal lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian.

“Beruntungnya semua penumpang berjumlah 47 orang tersebut kita evakuasi dalam keadaan selamat. Dengan begitu operasi penyelamatan kita tutup,” pungkas Nanang.