Sambut WSBK dan MotoGP, Gubernur Minta PNM Perkuat Pemodalan UMKM

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat menerima perwakilan PT. PNM, Sunar Basuki, Selasa (5/10) di Ruang Kerja, Pendopo Gubernur. (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) –Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, meminta PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero, membantu UMKM di sekitar lingkar KEK Mandalika. Bantuan terutama dibutuhkan untuk menyambut perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

“Bukan hanya pelatihan dan bimbingan untuk pelaku usaha. Namun harus didukung dengan pemodalan,” ujar Gubernur NTB saat menerima perwakilan PT. PNM, Selasa (5/10).

Dengan adanya bantuan tersebut pelaku usaha diharapkan siap secara produk dan SDM. Khususnya untuk menyambut ribuan tamu yang datang pada setiap event internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Gubernur juga meminta PT. PNM bersinergi dengan kementerian terkait dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengklasifikasi kelompok dan UMKM. Sehingga pemberian bantuan tidak tumpang tindih. “Klasifikasi UMKM yang sudah dapat bantuan dan belum ini perlu dilakukan,” jelasnya.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT. PNM, Sunar Basuki menjelaskan pihaknya saat ini memiliki sekitar 421.000 nasabah di NTB. Kepada nasabah diberikan pemodalan bagi perseorangan yang sudah tergabung dalam kelompok dengan anggota 15-20 orang. Modal yang diberikan berkisar antara Rp2 – 9 juta, tergantung perkembangan usaha.

“Siapapun bisa memperoleh pinjaman ini, dan kami punya pendamping hingga di desa-desa se-NTB. Hingga saat ini, ada 2.000 pendamping di NTB,” jelasnya.

Selain memberikan pembiayaan usaha, PNM juga memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dan naik kelas.