Kopi Telapen “Telangan Peneng” Loteng Berhasil Tembus Pasar Internasional

Kopi Telapen produksi UMKM Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani yang sudah tembus pasar internasional. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Lombok Tengah, Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani terpilih sebagai salah satu UMKM menampilkan produknya sebagai produk unggulan NTB dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Eksostisme Lombok yang berlangsung di pantai Kuta Mandalika, Rabu (3/3/2021) kemarin.

Kopi bubuk robusta yang dihasilkan
kelompok ini dinamai Kopi Telapen yang merupakan singkatan dari bahasa daerah “Telangan Peneng” yang artinya Penghilang Sakit Kepala.

Kopi ini sudah dipasarkan di luar NTB maupun luar negeri, yakni ke
Kota Yogyakarta, Jakarta, Malang, ke Pulau Kalimantan dan Bali, hingga Malaysia. Kopi ini juga sudah tersedia di beberapa platform e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak dan sudah dapat diakses secara online.

“Kelompok Wanita Kaki Rinjani ini adalah mitra PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC),”kata Vice President Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti.

Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani menjadi satu dari 50 UMKM yang lulus kurasi yang dilakukan oleh tim independen dari Dekranasda NTB dan Balai POM Mataram untuk ditampilkan di KKI.

Kriteria penilaian KKI antara lain memiliki potensi ekspor, berkualitas premium dan mampu melakukan digitalisasi produk.

Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ITDC, Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani yang berasal dari Dusun Persil, Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batu Kliang Utara ini telah menjadi mitra binaan perusahaan sejak tahun 2019.

Sebagai mitra binaan, kelompok ini
telah menerima bantuan permodalan dan berbagai pelatihan dari ITDC, termasuk pelatihan pemasaran online, untuk peningkatan kapasitas usaha dan perluasan pasar.

“Kami turut bangga bahwa mitra binaan kami bisa lulus kurasi sebagai salah satu produk unggulan NTB yang ditampilkan pada
kegiatan KKI,”ujarnya.

Pihaknya komitmen dalam mendorong eksistensi dan kemajuan UMKM lokal di NTB untuk menghasilkan produk-produk bermutu
dan unggul baik di pasar lokal, domestik, bahkan internasional.

Termasuk upaya pemasarannya, khususnya
secara digital. Pihaknya memandang pemasaran online merupakan langkah penting dan efektif dalam menghidupkan kembali roda perekonomian bagi para UMKM lokal di masa pandemi Covid-19.

KKI 2021 Eksotisme Lombok merupakan rangkaian acara KKI 2021 yang mewadahi produk buatan UMKM lokal untuk dapat dipromosikan serta mengajak masyarakat umum untuk membeli, memakai, dan atau
mengkonsumsi produk hasil UMKM tersebut.