MotoGP 2021, Lombok Tengah Siapkan Homestay Standar Internasional

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lombok Tengah, Lalu Rahadian, Minggu (19/7/2020). (Inside Lombok/ Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemerintah daerah akan segera membangun homestay atau pondok wisata berstandar di desa sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Ini akan segera dibangun. Sekarang sedang pelatihan tukang”,kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lombok Tengah, Lalu Rahadian, Minggu (29/7/2020).

Jumlah homestay yang akan dibangun sebanyak 359 unit. Anggaran pembangunan per unitnya mencapai Rp 180 juta. “Karena ini berstandar internasional”,kata Rahadian.

Home stay yang dibangun ini adalah program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) dari Kementerian Pariwisata.

Dimana, homestay itu sebelumnya adalah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik masyarakat yang disulap menjadi pondok wisata yang siap ditinggali wisatawan, khususnya saat gelaran event MotoGP 2021 nanti.

Homestay yang akan dibangun ini nantinya adalah lantai dua yang dilengkapi fasilitas lengkap. Sangat cocok untuk wisatawan.

Pembangunannya homestay saat ini sedang disiapkan. Puluhan tukang yang akan mengerjakan pembangunan home stay itu sedang dilatih. “Karena disyaratkan adalah tukang yang telah bersertifikat”, imbuh Rahadian.