Operasi Zebra Hingga 8 Desember, Ini Daftar Lokasinya

Pemeriksaan kelengkapan surat-surat salah satu pengendara saat gelar Operasi Zebra Rinjani 2021 di depan Polres Mataram, Senin (29/11). (Inside Lombok /Nico)

Mataram (Inside Lombok) – Polresta Mataram menggelar Operasi Zebra Rinjani 2021 di beberapa jalan protokol. Giat untuk cipta Kkondisi keamanan, Kkeselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas tersebut akan dilakukan hingga 8 Desember mendatang.

Wakil Kepala Satuan (Wakasat) Lalu Lintas Polresta Mataram, Iptu Gede Sukarta saat gelar operasi, Senin (28/11, mengatakan sasaran lokasi operasi ini yaitu di ruas jalan protokol. Antaranya Jalan Langko, Jalan Pejanggik, Jalan Majapahit, Jalam Udayana, dan Jalan Selaparang.

“Serta ditempat yang banyak kerumunan dan rawan terjadi pelanggaran,” tambahnya. Dikatakan Sukarta, selama giat ini berjalan pelanggaran yang paling dominan yaitu kurangnya penggunaan helm, kemudian pemakaian kendaraan untuk anak yang masih di bawah umur.

“Apalagi sekarang sudah mulai sistem tatap muka untuk anak sekolah. Walaupun masih beberapa, itu masih ditemukan anak-anak yang di bawah umur,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjutnya, ditemukan juga pelanggaran untuk kendaraan bak terbuka yang masih digunakan untuk mengangkut orang.

Ditambahkan Sukarta, untuk mengurangi kasus pelanggaran ini dilakukan dengan cara penindakan hukum baik teguran maupun tertulis. “Tertulis kalau memang sangat fatal yang mengakibatkan fatalitas korban lalu lintas kecelakaan, ya kami tilang,” jelasnya.

“Karena kita OH (orang perhari) serta ada beberapa satgas yang juga ditugaskan kegiatan operasional ini dilakukan 24 jam penuh,” pungkas Sukarta. (nco)