Realisasi Vaksinasi Tahap Ketiga Nakes Mataram Mencapai 30 Persen

Vaksinasi Tenaga Kesehatan di RSUD Kota Mataram beberapa waktu lalu (Inside Lombok/dok)

Mataram (Inside Lombok) – Pemberian vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Mataram masih tetap berlangsung. Hingga 16 Agustus, jumlah tenaga kesehatan di Kota Mataram yang sudah mendapatkan vaksin moderna yaitu mencapai 30 persen dari 7.000-an orang nakes.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi kepada media Senin (16/8) di Mataram mengatakan, masih banyaknya nakes yang belum divaksin modern aini karena banyak kendala. Misalnya, belum waktunya untuk penyuntikan tahap ketiga. Karena penyuntikan vaksin tahap ketiga ini maksimal tenaga kesehatan sudah mendapatkan vaksin tahap kedua yaitu pada bulan April lalu.

“Itu baru 2.500 lah yang sudah divaksin. Itu karena banyak faktornya. Ada juga yang belum berani untuk divaksi,” ujar dr. Usman.

Menurut Usman, realisasi vaksin moderna bagi tenaga kesehatan ini dinilai cukup cepat. Karena banyak tenaga kesehatan yang belum tiga bulan setelah penyuntikan tahap kedua. Selain itu, banyaknya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan masih melakukan isolasi mandiri juga menjadi salah satu kendala penyuntikan vaksin moderna.

“Misalnya saya ini. Saya belum ketiga. Karena tahap kedua itu pada bulan Juni. Kan tidak boleh. Jadi harus nunggu tiga bulan baru penyuntikan tahap ketiga,” tuturnya.

Vaksin moderna akan tetap diberikan bagi tenaga kesehatan. Karena ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus. Saat ini, persediaan vaksin moderna untuk tenaga kesehatan masih mencukupi.