27.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaBerita UtamaSDM Jadi Penunjang Paling Penting Pariwisata Lotim

SDM Jadi Penunjang Paling Penting Pariwisata Lotim

Lombok Timur (Inside Lombok) – Promosi pariwisata di Kabupaten Lombok Timur gencar dilakukan beberapa tahun belakangan. Terlebih event pariwisata di Lombok Timur semakin banyak dan beberapa difasilitasi oleh pemerintah kabupaten (pemkab).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur, Iswan Rakhmadi menegaskan ada pekerjaan besar yang harus pikirkan selain event yang akan diselenggarakan, yakni bagaimana juga memikirkan kenyamanan para tamu saat berwisata.

“Wisata tidak hanya berbicara tentang keindahan melainkan juga bagaimana membuat para tamu nyaman agar betah berada di destinasi kita,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Senin (16/01).

Dalam menjamin kenyamanan para tamu, kata Iswan, sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten baik itu dari eksternal maupun internal menjadi penting. Sehingga dengan begitu akan menciptakan ketangguhan para pelaku wisata kita pada masing-masing destinasi maupun homestay yang ada.

- Advertisement -

“Untuk meningkatkan SDM kita, kita sudah bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur,” katanya.

Dalam hal ini OPD terkait maupun pengelola destinasi tidak bekerja sendiri. Namun juga pekerjaan semua pihak termasuk masyarakat dalam hal menciptakan kenyamanan bagi para tamu yang akan berkunjung ke destinasi yang ada di Lotim.

“Kita sudah mulai melakukan kerjasama dengan BPVP kepada para pengelola homestay dan destinasi sejak tahun 2022 kemarin,” tuturnya.

Tidak hanya memberikan pendampingan kepada pokdarwis, melainkan juga pengelola homestay dan pemandu wisata. Hal itu mengingat ke depan masyarakat khususnya pada pariwisata akan menghadapi perekonomian masyarakat Asean sehingga pentingnya standarisasi seiring persaingan ekonomi global.

“Sehingga kita syukuri jalin kerjasama dengan BPVP untuk meningkatkan SDM kita,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer