27.5 C
Mataram
Rabu, 24 April 2024
BerandaBerita UtamaTingkatkan Keamanan di Wilayah Mandalika Jelang MotoGP, Imigrasi Mataram Gelar Opgab Timpora

Tingkatkan Keamanan di Wilayah Mandalika Jelang MotoGP, Imigrasi Mataram Gelar Opgab Timpora

Mataram (Inside Lombok) – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan kegiatan operasi gabungan (opgab) pengawasan orang asing, Senin (14/3/2022). Dalam kegiatan ini, anggota Timpora dibagi menjadi empat bagian.

Masing-masing tim akan melakukan pengawasan di berbagai area di sekitar wilayah Kuta, Loteng. Kegiatan ini menindaklanjuti rekomendasi hasil Rapat Koordinasi Tim Pora pada 10 Maret lalu, bekerja sama dengan Polda NTB, BNN NTB, Kejaksaan Tinggi NTB, Pemda Loteng dan berbagai instansi terkait.

Penanggung jawab kegiatan opgab sekaligus Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB, Haris Sukamto menyampaikan bahwa salah satu tujuan kegiatan opgab ini adalah mendukung dan memastikan pelaksanaan MotoGP di Mandalika pada 18 – 20 Maret 2022 agar berjalan baik dan lancar.

- Advertisement -

Diterangkan, Tim 1 yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Inteldakim Kanwil Kemenkumham NTB, Tatang Suheryadin melakukan opgab di beberapa spot. Antara lain Panfilla Hotel, Homestay 79, Rimba Bungalow, Kies Villas Lombok, dan Bluff Lombok. Tim 1 beranggotakan personel yang terdiri dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, TNI AD, POLDA NTB, KEJATI, BIN, staf keimigrasian Humas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTB.

TIM 2 dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima, Muhammad Usman melakukan pengawasan antara lain di Sentul Hotel, Merendek Hostel, Village Vibes, Villa Santi, dll. Tim 2 beranggotakan perwakilan dari TNI AU, BNN NTB, DISNAKERTRANS NTB, Bea Cukai, Pejabat Struktural, staf Divisi Keimigrasian, dan Humas Kanwil Kemenkumham NTB.

TIM 3 dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Onward Victor ML Toruan melakukan pengawasan di Martas Windows, Zivana Resort, JM Hotel, Kuta Baru, Bombora Bungalows, dan lain-lain. Dengan Personil yang terdiri dari Kasubsi Intel Keimigrasian Kantor Imigrasi Mataram, anggota Tim Pora Kabupaten Lombok Tengah, Staf Kantor Imigrasi Mataram, dan Humas Kantor Imigrasi Mataram.

TIM 4 dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Nur Alim melaksanakan pengawasan serta pemeriksaan di Lombok Holiday, Sima Hotel, Imelda Homestay, dan lain-lain. Dengan personil Kasubsi Penindakan Keimigrasian, Anggota Tim Pora Kabupaten Lombok Tengah, Staf Kanim Mataram, dan HUMAS Kanim Mataram.

Begitu tiba di lokasi seluruh, tim langsung bergerak ke titik operasi masing-masing yang diduga sebagai tempat penginapan dan tempat bekerja seperti hotel, homestay, villa, restoran, diving center dan cafe yang berada di seluruh wilayah Kuta. Dalam kegiatan opgab tersebut seluruh anggota tim melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian dan izin tinggal, perizinan usaha terhadap orang asing tersebut yang bertujuan untuk memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kuta.

Kegiatan opgab ini diakhiri dengan rapat evaluasi kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Parlindungan, guna menginventarisir dan membahas segala temuan permasalahan di masing-masing Tim selama operasi gabungan yang sudah dilaksanakan. (r)

- Advertisement -

Berita Populer