Usai Diserbu Pengunjung Saat Libur lebaran, Sampah Berserakan di Pantai Tanjung Aan

9
Seorang pengunjung sedang duduk di pinggir Pantai Tanjung Aan Jumat (13/5/2022) (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Libur lebaran menyisakan serakan sampah di bibir pantai Tanjung Aan kawasan Mandalika. Hal itu terlihat pada Jumat (13/2022), di mana sampah terserak dan juga menumpuk di beberapa titik.

Kondisi ini pun dikeluhkan oleh sejumlah warga yang baru berkunjung ke pantai berpasir putih tersebut. “Sayang sekali pantai seindah ini seolah tidak terawat. Banyak sampah juga numpuk,” kata salah satu pengunjung, Sulaeman Edy.

Ia menyayangkan minimnya kesadaran pengunjung yang membuang sampah sembarangan di pantai Tanjung Aan, serta tidak menjaga kebersihan saat datang berwisata ke tempat itu. Padahal keindahan pantai adalah yang dicari wisatawan, dan sekarang malah berkurang dengan adanya tumpukan sampah.

“Makanya kita juga minta kepada pengelola dan pihak terkait untuk bersama-sama menjaga keindahan Tanjung Aan, ini (tempat) terfavorit saya bersama pasangan,” ujarnya.

Pengunjung lain, Arman mengatakan hal serupa. Menurutnya kebersihan dan keindahan pantai Tanjung Aan mestinya tetap dijaga. Terlebih pantai itu juga masuk menjadi kawasan super prioritas dengan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Makanya mari kita jaga bersama-sama agar wisatawan luar yang datang juga jadi nyaman berkunjung ke sini,” katanya. (fhr)