31.5 C
Mataram
Senin, 20 Mei 2024
BerandaEkonomiBelasan Ribu Ton Beras NTB Dikirim ke Luar Daerah, Bulog: NTT dan...

Belasan Ribu Ton Beras NTB Dikirim ke Luar Daerah, Bulog: NTT dan Bali Banyak Permintaan

Mataram (Inside Lombok) – NTB sebagai daerah lumbung pangan dengan produksi gabah atau beras surplus turut memenuhi daerah yang defisit beras. Sejak Januari hingga Juli 2023 ini Perum Bulog NTB telah mengirim sekitar 15 ribu ton beras NTB ke beberapa daerah yang membutuhkan pasokan.

“Pengiriman Januari 2023 sampai sekarang sudah 15 ribu ton. Memang ada masih dalam proses pengiriman lagi, kurang lebih 4 ribu ton,” ujar Pimpinan Wilayah (Pimwil) Perum Bulog NTB, David Susanto saat ditemui di ruangannya, Selasa (11/7).

Daerah-daerah yang menerima kiriman beras NTB di antaranya ada Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, NTT (Nusa Tenggara Timur) dan Bali. Bahkan Sulawesi Utara masuk, tepatnya di Medan untuk awal tahun ini.

“Paling banyak NTT dan Bali, di mana NTT sampai 5.823 ton, ditambah lagi 4.250 ton yang sekarang lagi proses. Sedangkan Bali 4.369 ton, Maluku 600 ton, Kalimantan Selatan 300 ton, Kalteng 300 ton, Sulut (Sulawesi Utara) 1.500 ton,” jelasnya.

- Advertisement -

Pihaknya memastikan pengiriman beras ini untuk memenuhi kebutuhan daerah yang defisit. Sehingga tidak ada target yang ditetapkan pusat berapa banyak beras disalurkan. Di mana Bulog NTB dipercaya oleh pusat untuk menyalurkan beras, karena kondisi stok beras di NTB terbilang aman. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan di dalam daerah.

“Stok aman, apalagi NTB dianggap sebagai daerah sentral produksi. Secara persentase kita itu urutan ke empat (untuk serapan) secara nasional,” pungkasnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer