27.5 C
Mataram
Jumat, 8 Desember 2023
BerandaEkonomiHarga Cabai di Lotim Mulai Merangkak Naik, Tembus Rp60 per Kg

Harga Cabai di Lotim Mulai Merangkak Naik, Tembus Rp60 per Kg

Lombok Timur (Inside Lombok) – Beberapa komoditas saat ini mulai mengalami kenaikan di pasaran Lombok Timur (Lotim), salah satunya cabai. Harga cabai rawit merah saja saat ini menyentuh angka Rp60 ribu per kilogram (kg).

Kepala Bidang Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan Lotim, Saiful Wathani mengatakan hampir semua jenis komoditi cabai mengalami kenaikan. Namun harga cabai rawit merah yang saat ini melambung tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

“Terpantau harga cabai rawit merah di pasaran menyentuh angka Rp60 ribu per kg-nya,” ucapnya, Rabu (15/11/2023). Kenaikan harga komoditi biasanya terjadi di bulan HBKN ( Hari Besar Keagamaan Nasional) seperti Maulid. Namun kenaikan harga cabai sendiri sudah terjadi sejak minggu pertama November ini.

“Kenaikan harga cabai rawit sudah berlangsung sejak awal bulan ini, di mana harga sebelumnya berkisar di antara Rp30-50 ribu per kilogramnya,” terangnya. Harganya cabai sendiri bersifat fluktuatif di mana harganya mulai dari Rp25 ribu ke atas, hingga saat ini harganya menyentuh sudah menyentuh Rp60 ribu per kg.

Penyebab naiknya harga cabai sendiri saat ini dilatari ketersediaan yang terbatas. “Penyebab utamanya karena stok terbatas dan tentu hukum pasar berlaku, dan kita prediksi akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi,” pungkasnya.(den)

Related Articles

- Advertisement -

Berita Populer