30.5 C
Mataram
Sabtu, 25 Mei 2024
BerandaEventPeringati Hari Bumi Sedunia, PDAM Loteng Gelar Tanam Pohon Jaga Keseimbangan Alam

Peringati Hari Bumi Sedunia, PDAM Loteng Gelar Tanam Pohon Jaga Keseimbangan Alam

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Dalam rangka memperingati Hari Bumi se-dunia Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani Lombok Tengah (Loteng) melakukan penanaman ratusan pohon di kawasan mata air Desa Lantan, Senin (22/4). Kegiatan penanaman pohon tersebut berkolaborasi dengan Portir International dan Green Care Indonesia bertajuk “Berikut Jagak Gumi, Jagak Gawah yg artinya Bersama-sama untuk menjaga Bumi dengan menjaga hutan.

Kepala Bidang Sekretariat PDAM Loteng, Lalu Khairul Huda menjelaskan kegiatan peringatan Hari Bumi tersebut merupakan komitmen Direksi terhadap perlindungan mata air di wilayah Loteng. “Alhamdulillah kegiatan Penanaman pohon yang sudah kita rencanakan sebulan yang lalu hari ini berjalan lancar, meski lokasi susah dijangkau tapi temen-temen tetap bersemangat,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Perumda Air Minum Tiara terhadap kegiatan konservasi alam untuk menjaga kelangsungan mata air yang ada di wilayah Utara Loteng. “Kamu memilih lokasi ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan sumber mata air untuk masyarakat,” imbuhnya.

Dia menuturkan, bahwa lokasi penanaman pohon ini memang cukup terjal karena areal tebing yang rawan longsor, sehingga itulah menjadi target pihaknya untuk menjaga pohon-pohon yang ditanam ini dapat menyerap air dan melindungi tebing-tebing jalur perpipaan tidak longsor.

- Advertisement -

“Lokasinya di tebing yang labil menjadi kuat sehingga kita harapkan bencana longsor bisa diminimalisir, maka air pun dapat mengalir tanpa ada gangguan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Green Care Indonesia Lalu Marjuan Thoyib pihaknya juga mengajak semua pihak untuk bersama-menjaga bumi dengan menanam pohon setiap hari. Bahkan kata dia karena pohon menjadi pendamping hidup alam.

“Spirit menjaga bumi sebenarnya harus kita lakukan setiap hari. Dalam momentum hari bumi, Penanaman pohon ini untuk selamatkan sumber mata air kita karena alam memang diciptakan Tuhan untuk manusia. Sehingga peran dan fungsi manusia untuk menjaga keseimbangan bumi ini sangat penting,” katanya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer