26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaLombok BaratJadi Sumber PAD, Pembenahan Terminal Segenter Perlu Jadi Prioritas Pemda Lobar

Jadi Sumber PAD, Pembenahan Terminal Segenter Perlu Jadi Prioritas Pemda Lobar

Lombok Barat (Inside Lombok) – Menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang sudah jelas, kondisi di area parkir Terminal Segenter Lembar masih belum representatif; penuh kubangan dan becek di saat hujan, kemudian gersang di musim kemarau. Mengingat Pemda Lobar sudah menarik retribusi dari fasilitas tersebut, maka pembenahannya pun dinilai penting dilakukan.

Saat ini fasilitas yang diberikan justru tak kunjung dibenahi dan ditingkatkan, sehingga Komisi III DPRD Lobar minta pemda segera merealisasikan perbaikan Terminal Segenter tersebut. “Di pembahasaan penganggaran (perbaikan Terminal Segenter) jadi prioritas, karena di satu sisi sudah kongkret menghasilkan PAD,” papar Ketua Komisi III DPRD Lobar, Jumahir saat dikonfirmasi, Selasa (20/02/2024).

Ia menilai Terminal Segenter menjadi wajah Lobar, karena lokasinya yang berada di area Pelabuhan Lembar yang menjadi pintu masuk Pulau Lombok dari jalur laut. Karena itu, pihaknya menilai wajar jika terminal itu harus segera dibenahi dan dipercantik.

“Karena potensi terminal ini tidak dimiliki oleh semua kabupaten/kota di NTB. Oleh sebab itu Komisi III berpendapat Terminal Segenter ini harus prioritas di Dinas Perhubungan,” tegas politisi asal Narmada ini.

- Advertisement -

Menurutnya, dengan kondisinya saat ini Terminal Segenter memang sudah mampu menyumbangkan PAD sekitar Rp1 juta per hari. Karena itu pembenahan Terminal Segenter menjadi keharusan bagi pemda, untuk dapat memberi kenyamanan bagi para sopir truk yang beristirahat, menunggu bongkar muat di sana.

“Di APBD murni 2024 Dinas Perhubungan sudah menganggarkan prioritas pembenahan terminal itu, tapi belum maksimal karena hanya dibuat biar tidak becek saja area parkir,” berber Jumahir. Padahal pihaknya berharap agar pembenahan terminal itu tidak hanya di area parkirnya saja, melainkan juga adanya penambahan fasilitas pendukung seperti toilet, tempat beristirahat supir dan lapak kuliner. “Karena bisa berjam-jam dia (truk) parkir di tempat itu. Dan juga perlu adanya dukungan tempat kuliner seputaran itu,” sarannya.

Karena jika pembenahan Terminal Segenter dapat terealisasi, pihaknya menilai dampaknya tidak hanya dapat dirasakan oleh pemda, tetapi juga diharapkan adanya peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer