26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaLombok BaratPelayanan di RSUD Tripat Gerung Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Pelayanan di RSUD Tripat Gerung Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Lombok Barat (Inside Lombok) – RSUD Patut Patuh Patju (Tripat) Gerung akan tetap beroperasi selama libur panjang Idulfitri 2024 mendatang. Dengan begitu, masyarakat diharapkan tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, meskipun saat hari raya nanti.

“Pada prinsipnya seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada masalah tetap berjalan dan buka,” jelas Dirut RSUD Tripat Gerung, Suriyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (02/04/2024).

Ia mengatakan pelayanan IGD, Magnetic Resonance Angiography (MRA), ICU, bersalin, hingga rawat inap akan tetap buka dan menjadi prioritas utama selama cuti lebaran. Sehingga pihaknya tetap menyiagakan petugas yang dijadwalkan per sif. Mulai dari dokter, perawat, bidan, apoteker, dan lainnya untuk siap sedia melayani para pasien dan menunjang dalam proses pelayanan rumah sakit. “Semua harus standby, 24 jam dibagi per sif untuk pelayanan seperti di UGD,” paparnya.

Menurutnya, kebutuhan pelayanan kesehatan merupakan hak masyarakat yang tetap harus terpenuhi. Terlebih saat ini RSUD Tripat menjadi rumah sakit pelayanan spesialistik rujukan. Seperti rujukan dari Dikes Lobar ,puskesmas, masyarakat dan rujukan dari RS Awet Muda Narmada, sehingga tetap harus siaga dalam segala situasi. “Kita tidak berjaga di lalu lintas, kita standby di sini. Yang tidak bisa ditangani di RS Awet Muda juga dirujuk ke sini,” jelasnya.

- Advertisement -

Pelayanan yang ditutup saat libur lebaran nanti hanya Poli Rawat Jalan. Pelayanannya pun akan dialihkan ke UGD, sesuai dengan kebutuhan pasien. Sedangkan untuk pelayanan apotek tetap dibuka selama 24 jam. “Jadi kalau kontrolnya hanya mengambil obat, kan bisa langsung,” imbuhnya.

Selain itu, Suriyadi juga mengakui jumlah pasien bulan Ramadan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dikarenakan pembukaan layanan di RSUD Tripat yang semakin bertambah juga. Seperti bedah saraf, urologi, juga dengan adanya program UHC yang juga membuat pasien lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer