31.5 C
Mataram
Sabtu, 2 Maret 2024
BerandaLombok TengahPelebaran Jalan Karang Sidemen Menuju Kereta Gantung Dibangun Investor

Pelebaran Jalan Karang Sidemen Menuju Kereta Gantung Dibangun Investor

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Rencana pelebaran jalan menuju lokasi pembangunan kereta gantung di Desa Karang Sidemen, Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng) dalam proses perizinan di Kementerian Kehutanan. Pengerjaannya nanti disebut akan dilakukan oleh investor.

“Itu kan dibagi dua dari ruas jalan nasional menuju (Dusun) Persil (Desa Karang Sidemen) atau horti park. Kemudian dari horti park menuju lokasi kereta gantung,” ujar Kepala Dinas PUPR Loteng, Lalu Rahadian, Senin (22/5).

Menurutnya, pelebaran jalan dari jalan nasional itu ada dua alternatif. Antara lain dari Pemepek sampai Dusun Persil yang akan dikerjakan oleh Pemprov NTB dan akan diusulkan melalui APBN. Meski begitu, rencana ini memiliki kendala teknis karena jalur yang dilewati sempat longsor.

“Alternatif kedua Pancordao menuju Tanah Emang, tapi ada jembatan yang harus dibangun dari Lantan ke horti park, panjang jembatannya sekitar 15 meter. Itu dua alternatifnya,” ujarnya.

- Advertisement -

Sementara itu, pembangunan jalan dari Dusun Persil menuju lokasi pembangunan kereta gantung saat ini disebutnya masih proses perizinan. “Jalan Persil atau hortipark ini masih diurus izin dan akan dikerjakan oleh investor,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemda Loteng akan melakukan sharing pembangunan tersebut untuk mengatasi persoalan sosial yang ditimbulkan dari proyek tersebut. “Kita hanya masalah sosial saja, itu kan sudah ada lahan kehutanan. Kalau kita nanti masalah sosialisasi dan lainya,” pungkasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer