26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaMataramTPST Sandubaya Direncanakan Beroperasi Mulai Mei

TPST Sandubaya Direncanakan Beroperasi Mulai Mei

Mataram (Inside Lombok) – Pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) masih dalam proses. Tempat pengolahan sampah yang ada di Kecamatan Sandubaya itu diprediksi sudah mulai beroperasi pada Mei mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, Nizar Denny Cahyadi mengatakan progress pembangunan TPST Sandubaya sudah bagus dan sesuai dengan target. Saat ini, pemasangan yang dilakukan yaitu bagian akhir. “Progresnya sudah bagus ini. Kemungkinan sekitar lebih dari 80 persen,” katanya.

Proyek pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada Mei 2024 mendatang. Di mana, proyek tersebut sudah berlangsung sejak September 2023 lalu yang anggarannya bersumber dari pemerintah pusat.

“Insyaallah Mei sudah selesai. Karena progress pembangunan sudah sesuai dan sekarang tinggal bagian-bagian yang kecil saja,” ujarnya. Sementara untuk alat-alat yang akan digunakan untuk mengolah sampah, Denny mengaku belum mendapatkan laporan.

- Advertisement -

Pihaknya pun memastikan setelah bangunan saat ini rampung maka peralatan yang dibutuhkan juga sudah disiapkan. “Saya pikir di Bulan Mei besok itu sudah mulai running dan alat-alatnya sudah ada,” ucapnya.

TPST Sandubaya yang akan dioperasikan akan mengolah sampah yang ada di dua kecamatan, yaitu Sandubaya dan Cakranegara. Kapasitas TPST tersebut yaitu sekitar 45 ton dalam sekali pengolahan.

Pengolahan sampah ini ditegaskan untuk mengurangi jumlah volume yang dibuang ke TPA Regional Kebon Kongok. Hal ini juga berdampak pada efisiensi anggaran operasional yang dialokasikan pemerintah daerah. Sampah-sampah yang diolah sehingga memiliki nilai ekonomi seperti makan maggot, pembuatan paving blok dan beberapa produk lainnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer