Bidding PON 2024, Konsep Wisata Olahraga Kalah dari Wisata Kuliner

Sekda NTB bersama Ketua Koni NTB
Sekda NTB bersama Ketua Koni NTB pada bidding PON 2024 di Jakarta, Selasa (24/4). (Inside Lombok/IST)

Mataram (Inside Lombok) – Provinsi Bali-NTB gagal menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang. Dalam bidding PON yang dilakukan di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (24/4), Aceh dan Sumatera Utara terpilih sebagai tuan rumah.

Konsep yang ditonjolkan oleh Aceh-Sumut adalah pelaksanaan PON yang diiringi dengan wisata kuliner. Terlihat dengan booth yang ada pada kegiatan itu. Booth Aceh-Sumut dipenuhi dengan aneka kuliner khas seperti  bika ambon, mie Aceh, martabak, kopi gayo, dan sirup markisah.

Sementara konsep yang ditawarkan oleh Bali-NTB lebih kepada sport tourism atau wisata olahraga dan budaya. Sayangnya, konsep ini kalah menarik dari konsep yang ditawarkan Aceh-Sumut.

Provinsi NTB-Bali hanya mendapatkan delapan suara, sementara Aceh-Sumut mendapatkan 24 suara dari Koni daerah. Hal ini tentu saja membuat NTB-Bali gagal total menjadi tuan rumah.

Sebelumnya Ketua Koni NTB Andy Hadianto bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Husnanidiaty Nurdin mengatakan bahwa pihaknya sudah berusaha untuk menjadikan NTB sebagai tuan rumah PON bersama Bali.

Hanya saja, upaya itu saat ini gagal karena kurangnya dukungan NTB-Bali sebagai tuan rumah dari berbagai Koni daerah di Indonesia. Meski demikian, masih ada kesempatan pada PON berikutnya agar NTB-Bali menjadi tuan rumah. (IL1)