Hotel di Loteng Hanya Mampu Serap 60 Persen Pengunjung MotoGP

Keindahan pantai di KEK Mandalika yang dilihat dari salah satu hotel. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sarana prasarana akomodasi untuk mendukung event MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tahun 2021 terus ditingkatkan. Termasuk di antaranya adalah ketersediaan hotel.

Saat ini, beberapa hotel bintang lima sedang dibangun di KEK Mandalika di samping hotel yang sudah dibangun. Hotel-hotel ini siap menyambut 150 ribu wisatawan yang akan datang untuk menyaksikan event balap dunia, MotoGP.

“Dari sisi akomodasi di pelaku wisata siap. Dukungan Pemda juga sangat besar seperti pemberian bantuan home stay untuk terima tamu tahun 2021 nanti”,kata Ketua Asosiasi Hotel Mandalika Lombok Tengah, Samsul Bahri belum lama ini di Praya.

Namun demikian, dari 150 ribu perkiraan wisatawan yang akan datang, hanya 60 persen yang bisa menginap di Lombok Tengah.

“Persentase yang bisa terserap di dalam kawasan (KEK) 40 persen di Loteng. Sisanya di luar Lombok Tengah dan 20 persen di luar pulau Lombok”,katanya.

Total jumlah kamar hotel yang tergabung di MHA saat ini sekitar 1.200 an kamar. Ada juga home stay atau pondok wisata sekitar 3000 an kamar.

Ditambah dengan pembangunan home stay baru sebanyak 750 kamar dan didukung dengan hotel yang ada di Mataram dan Gili Trawangan.

Di tahun 2021 juga ada investor yang akan membangun hotel dengan kapasitas 200 kamar. “Fullman juga sudah mulai aktivitas lagi”,katanya.

“Tapi banyak wisatawan yang bisa menginap di luar Lombok. Karena paket kunjungan sekarang sudah siapkan yang disesuaikan dengan MotoGP”,katanya lagi.