SMAN 1 Gerung Buka Pendaftaran 64 Calon Siswa Baru dari Jalur Afirmasi

Proses PPDB di SMAN 1 Gerung, saat verifikasi berkas calon siswa baru. Senin (21/06/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur’ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Gerung untuk jalur afirmasi bagi calon siswa baru yang memiliki kartu program keluarga harapan (PKH) dan kartu Indonesia pintar (KIP). Sebanyak 20 persen atau sekitar 64 orang calon siswa baru yang akan diterima dari jalur ini.

“Kalau sekarang kan jalur afirmasi ini sistemnya sama seperti zonasi, diperuntukkan bagi calon siswa baru untuk seputaran Gerung” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Gerung, Erni Zuhara, Senin (21/06/2021).

Pada hari pertama ini, sudah tercatat ada 13 calon siswa baru yang mendaftar melalui jalur ini. Hal itu diakuinya berbeda dengan tahun sebelumnya, saat penerimaan calon siswa baru melalui jalur afirmasi ini belum memiliki SOP yang jelas. Hingga menyebabkan ada yang mendaftar bahkan dari Lombok Tengah.Namun, untuk saat ini jalur khusus itu pun diperuntukkan supaya anak-anak di wilayah Gerung dapat tercover.

Sementara itu, untuk jalur prestasi yang sudah diumumkan pada Sabtu (19/06/2021) lalu diakuinya tidak ada kendala. Sama seperti jalur afirmasi, jalur prestasi ini pun diberi jatah sebesar 20 persen. Untuk jalur prestasi akademik kuota 19 orang dan itu terisi semua.

Sementara untuk jalur non-akademik, kuota yang diberikan ada 16 orang. Tetapi yang terisi hanya 11 orang. Serta ada jalur perpindahan orang tua, yang kuotanya diberikan untuk 16 orang. Namun saat ini terisi baru 1 orang, sehingga masih kurang 15 orang.

“Dari jalur keagamaan, terisi delapan orang, diantaranya baru enam orang yang lulus melalui jalur tahfiz bagi yang beragama Islam. kemudian satu dari jalur agama khusus Budha, lalu satu lagi dari agama Kristen” beber Erni.

Sementara untuk agama Katolik dan Hindu diakuinya tidak ada pendaftar. Sehingga kuota untuk jalur itu tidak terisi.

“Yang jalur tahfiz agama islam itu terpenuhi, kemudian yang Budha itu kita datangkan langsung dari Vihara untuk mengetes dan yang kristen itu kita minta rekomendasi dari Grejanya” paparnya.

Pada tahun ini, disebutnya SMAN 1 Gerung membuka kuota untuk 320 siswa baru, dengan jatah 10 Rombel. Pendaftaran ini pun dilakukan melalui sistem online.

“Tapi kami fasilitasi juga calon siswa yang tidak memiliki akses internet, kita ada helpdesk yang bisa membantu” ungkapnya.