Puluhan Rumah di Lobar Rusak Akibat Puting Beliung

Lombok Barat (Inside Lombok) – Puluhan rumah di Desa Jagerage Kecamatan Kuripan rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu (13/03/3/2019). Setidaknya 71 rumah warga rusak di dua dusun di desa itu.

Kepala Desa Jagerage, Mukaram menerangkan bahwa kedua dusun yang diterjang angin puting beliung itu Dusun Karang Bucu dan Dusun Tambang Eleh. Pada Dusun Karang Bucung itu terdapat 50 unit rumah yang rusak. Sedangkan Dusun Tambang Eleh sebanyak 19 unit rumah rusak.

Pemerintah Desa setempat juga sudah melaporkan peristiwa tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar. Termasuk Dinas Sosial untuk kebutuhan pokok pengungsi.

“Yang dibutuhkan warga saat ini seperti makanan siap saji, air mineral, terpal dan selimut,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi logistik BPBD Lobar, Tohri mengaku sudah menerima informasi tentang angin puting pada pukul 16.15 Wita. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 51 unit rumah yang terdampak di Dusun Karang Bucu dan 20 unit di dusun Tambang Eleh.

“Total ada 71 unit rumah rusak,” ujarnya.

Kerusakan di Dusun Karang Bucu terdiri dari rusak berat 6 unit, rusak sedang 13 unit dan ringan 32 unit. Sedangkan di dusun Tambang Eleh, terdapat rusak berat sebanyak 2 unit, rusak sedang 4 unit dan sedang 14 unit.

“Totalnya terdapat 8 rusak berat, rusak sedang 17 unit dan rusak ringan 46 unit,” sambungnya.

Pihaknya sudah turun ke lokasi membantu para korban membersihkan puing sisa reruntuhan bangunan. Selain itu bantuan logistik berupa terpal 70 lembar, selimut 1 kodi 80 lembar sudah diberikan.

“Ada juga sembako berupa beras sebanyak 200 kilogram, minyak goring 5 kardus, sama energen 2 kardus,” ujarnya.