29.5 C
Mataram
Kamis, 20 Juni 2024
BerandaPeristiwaTetangga Buat Api Unggun di Kandang Sapi, Rumah Warga di Aikdewa Malah...

Tetangga Buat Api Unggun di Kandang Sapi, Rumah Warga di Aikdewa Malah Terbakar

Lombok Timur (Inside Lombok) – Sebuah rumah warga di Dusun Aikdewa Selatan Baru, Desa Aikdewa, Lombok Timur dilalap si jago merah. Sumber api diduga berasal dari api unggun yang dibakar tetangganya untuk mengusir nyamuk di kandang sapi.

Husnan, warga yang menyalakan api unggun mengaku mulai menyalakan api sekitar pukul 17.00 Wita untuk mengusir nyamuk. Namun pada pukul 21.30 Wita, api semakin membesar lantaran menyambar sabut kelapa di sekitar kandang.

“Saya biasanya setiap hari rutin membuat api unggun di kandang, setiap magrib untuk mengusir nyamuk,” ucapnya saat ditemui Inside Lombok, Selasa (30/05/2023). Api yang membesar pun turut membakar rumah yang berdekatan dengan kandang sapi milik Husnan.

Pemilik rumah yang terbakar adalah seorang lansia atas nama Inaq Hartini yang langsung dilarikan cucunya setelah melihat api menyambar rumah mereka. “Api itu membesar dan langsung melahap atap rumah dan merembet ke atas membakar kayu penyangga,” terang Husnan.

- Advertisement -

Mendengar teriakan dari pemilik rumah, Husnan pun langsung berlari ketika dipanggil oleh warga sekitar dikarenakan api yang semakin membesar. Sontak hal itu membuat Husnan langsung ke lokasi dan mengeluarkan barang-barang yang mudah terbakar dari dalam rumah.

“Sepeda motor saya keluarkan dan sapi yang ada di dalam kandang saya lepas,” tuturnya. Api yang semakin membesar membuat panik warga setempat. Upaya pemadaman pun segera dilakukan. “Saya langsung berlarian mencari sumber air dengan dibantu warga lainnya untuk memadamkan api,” ungkap Husnan.

Berselang 30 menit, warga akhirnya dapat memadamkan api. Namun atas kejadian tersebut, atap rumah dan barang lainnya di dalam rumah ikut terbakar yang menyebabkan kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta. (den)

- Advertisement -

Berita Populer