22.5 C
Mataram
Kamis, 18 Juli 2024
BerandaDaerahToko di Gerung Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Diperkirakan Capai Rp2 Miliar

Toko di Gerung Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Diperkirakan Capai Rp2 Miliar

Lombok Barat (Inside Lombok) – Sebuah toko sepatu dan peralatan rumah tangga di Lingkungan Perigi, Kelurahan Gerung Selatan terbakar. Proses pemadaman oleh Damkar Lobar pun membutuhkan waktu hingga 5 jam, dengan menggunakan 15 tangki air. Kerugian dari peristiwa itu pun diperkirakan mencapai Rp2 miliar.

Kadis Damkar Lobar, M. Sahlan menuturkan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 15:45 Wita. Saat itu seluruh kendaraan dan personel yang sedang piket di Damkar Lobar langsung dikerahkan.

“Termasuk kita kerahkan juga yang dari UPT Batulayar. Kemudian secara tidak langsung, teman-teman (Damkar) yang ada di Kota Mataram juga ikut membantu kita di sini,” terang Sahlan saat dijumpai di lokasi kebakaran, Kamis (11/01/2023) malam.

Saat proses pemadaman api yang berjalan sejak sore hingga malam hari itu, Sahlan menyebut kurang lebih ada tujuh unit mobil pemadam yang dikerahkan. Bahkan, hingga pukul 21.00 Wita, terlihat mereka masih berada di lokasi untuk melakukan proses pendinginan lantaran masih ada percikan-percikan api yang bermunculan.

- Advertisement -

Toko yang terbakar pun diakui dipenuhi barang-barang yang mudah terbakar seperti plastik dan sepatu. Sehingga membuat api merembet dengan cepat dan lebih lama untuk bisa dipadamkan. “Setelah kami berkomunikasi dengan pemilik, (kebakaran) diduga terjadi akibat korsleting listrik,” tuturnya.

Toko itu pun terbakar sebelum dibuka dan api diduga bersumber dari rumah pemilik toko, yang lokasinya persis berada di belakang toko tersebut. Bersyukurnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Kurang lebih sampai 15 tangki air kita suplai bolak-balik (untuk memadamkan), sampai tandon kita di kantor itu kering,” bebernya.

Pihak Damkar Lobar mengakui terlambat memperoleh informasi mengenai kebakaran tersebut, sehingga proses pemadaman menjadi sedikit lebih lama. Sementara itu, Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran.

“Pihak korban memperkirakan kerugian materil mencapai kurang lebih Rp2 miliar,” jelasnya. Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihak kepolisian pun membantu mengamankan lokasi kebakaran. Yang persis berada di pinggir jalan di dekat simpang 4 koperasi tersebut. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer